Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH
Pengarang
Fitri Selviani B. Menalu - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306103040008
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: hasil belajar, zat aditif, pendekatan, SETS, Makanan.
Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan pembelajaran berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) pada Materi Zat Aditif pada Makanan di Kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif pada makanan, mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan SETS, menganalisis hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pendekatan SETS dan menganalisis respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunkan penerapan pendekatan SETS. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII-1 yang berjumlah 21 orang terdiri dari 7 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara membagikan angket pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif, observasi aktivitas belajar peserta didik, hasil belajar dan angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan pendekatan SETS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif, lembar observasi aktivitas peserta didik, LKPD, soal tes dan angket tanggapan peserta didik terhadap pendekatan SETS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif masih dalam kategori rendah khususnya sub topik pada ciri-ciri zat aditif. Hasil rata-rata observasi aktivitas peserta didik secara keseluruhan meningkat dari pertemuan I sebesar 73% ke pertemuan II sebesar 80,5%. Hasil penelitian menunjukkan hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 87,62%. Hasil tanggapan peserta didik secara klasikal positif terhadap proses belajar-mengajar dengan penerapan pendekatan SETS sebesar 85,03%.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MATANGKULI (Murniati, 2021)
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SISWA MAS DARUL IHSAN ACEH BESAR (Eliyanti, 2019)
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Risa Rianda, 2020)
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMAN INGIN JAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Salmida, 2017)
PENERAPAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI ASAM BASA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yulia Rahma, 2014)