PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH


Pengarang

Fitri Selviani B. Menalu - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103040008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata kunci: hasil belajar, zat aditif, pendekatan, SETS, Makanan.
Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan pembelajaran berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) pada Materi Zat Aditif pada Makanan di Kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif pada makanan, mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan SETS, menganalisis hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pendekatan SETS dan menganalisis respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunkan penerapan pendekatan SETS. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII-1 yang berjumlah 21 orang terdiri dari 7 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara membagikan angket pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif, observasi aktivitas belajar peserta didik, hasil belajar dan angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan pendekatan SETS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif, lembar observasi aktivitas peserta didik, LKPD, soal tes dan angket tanggapan peserta didik terhadap pendekatan SETS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman awal peserta didik tentang zat aditif masih dalam kategori rendah khususnya sub topik pada ciri-ciri zat aditif. Hasil rata-rata observasi aktivitas peserta didik secara keseluruhan meningkat dari pertemuan I sebesar 73% ke pertemuan II sebesar 80,5%. Hasil penelitian menunjukkan hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 87,62%. Hasil tanggapan peserta didik secara klasikal positif terhadap proses belajar-mengajar dengan penerapan pendekatan SETS sebesar 85,03%.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK