PENGARUH KOMBINASI MULSA JAGUNG DAN PUPUK NPK SERTA BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG, KACANG TANAH, DAN KEDELAI TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH PADA ULTISOL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH KOMBINASI MULSA JAGUNG DAN PUPUK NPK SERTA BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG, KACANG TANAH, DAN KEDELAI TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH PADA ULTISOL


Pengarang

Fajrial Lisha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1205101050096

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN
Ultisol sebagai salah satu jenis tanah yang dijumpai di lahan kering memiliki beberapa kendala baik ditinjau dari segi fisik, kimia, maupun biologi tanah, seperti bahan organik rendah sampai sedang, kandungan N,P,K rendah serta sangat peka erosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mulsa jagung + pupuk NPK dan jenis tanaman jagung, kacang tanah, kedelai terhadap perubahan sifat kimia tanah pada Ultisol.
Penelitian ini menggunakan rancangan petak terpisah (split plot design) pola faktorial 3 x 4 yang terdiri dari dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah jenis tanaman yang terdiri dari tiga jenis yaitu : jagung , kacang tanah dan kedelai. Faktor kedua adalah mulsa jagung dengan empat taraf yaitu kontrol (0 ton mulsa jagung, 0 NPK), tanpa mulsa + 400 kg ha-1 NPK, mulsa jagung 5 ton ha-1 (4 kg ha-1) + 400 kg ha-1 NPK (330 g bedeng-1), dan mulsa jagung 10 ton ha-1 (8 kg ha-1) + 400 kg ha-1 NPK (330 g bedeng-1).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mulsa jagung berpengaruh nyata terhadap K-dd. Jenis tanaman tidak memberikan pengaruh secara statistik terhadap pH (H2O), C-organik, N-total, P-tersedia, dan K-dd, namun menunjukkan perbedaan secara kriteria terhadap C-organik, P-tersedia dan K-dd apabila dibandingkan dengan hasil analisis awal. Ada interaksi antara jenis tanaman dan mulsa jagung terhadap P-tersedia.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK