//

ANALISIS HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DITINJAU DARI TEKNIK PENGOPERASIAN DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR DAN LHOK KRUET, ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anggian Prawira - Personal Name
SubjectFISHERMEN
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Perairan Krueng Raya Kabupaten Aceh Besar dan Lhok Kruet Kabupaten Aceh Jaya merupakan perairan yang cukup potensial untuk usaha perikanan bagan apung. Nelayan di kedua perairan tersebut memiliki teknik pengoperasian yang berbeda dan karakteristik bagan yang berbeda. Bagan apung pada saat ini sudah banyak dikenal oleh kalangan nelayan termasuk nelayan Krueng Raya dan Lhok Kruet. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan cara pengoperasian bagan apung dan menganalisis hasil tangkapan bagan apung di Perairan Krueng Raya dan Lhok Kruet. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai November 2017 di Perairan Lhok Kruet dan bulan Januari 2018 di Perairan Krueng Raya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survei dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi langsung di lokasi penelitian. Data yang dianalisis meliputi teknik pengoperasian dan komposisi hasil tangkapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan teknik pengoperasian dan komposisi hasil tangkapan bagan apung di Krueng Raya dan Lhok Kruet. Pengoperasian bagan apung di Krueng Raya dimulai dengan penurunan jaring dari buritan kapal sedangkan di Lhok Kruet jaring hanya naik dan turun. Jumlah total hasil tangkapan di Perairan Krueng Raya sebanyak 22.890 kg, sedangkan di Perairan Lhok Kruet sebanyak 2.400 kg. Perbedaan hasil tangkapan bagan apung di perairan Krueng Raya dan Lhok Kruet terlihat dari jenis hasil tangkapan, yakni cumi-cumi hanya tertangkap pada bagan apung Krueng Raya dan benih kerapu dan kakap pada bagan apung Lhok Kruet. Kata Kunci: Bagan apung, Teknik pengoperasian, Hasil tangkapan, Lhok Kruet, Krueng Raya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN, DOMINANSI, DAN UKURAN LAYAK TANGKAP IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DENGAN ALAT TANGKAP BAGAN APUNG DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LHOK SEUDU, KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD RIANDI, 2020)

OPTIMASI UNIT PENANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (Mulana Ikramullah, 2018)

IDENTIFIKASI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN PADA BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG DAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (FACHRUROZI AMIR, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KEDALAMAN JARING DENGAN HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN KRUENG RAYA ACEH BESAR (SATRIA ARAFAH, 2014)

PENGARUH PERLAKUAN WARNA LAMPU DAN JARAK TERHADAP HASIL TANGKAP BAGAN APUNG DI LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Najmi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy