//

PENGARUH INOKULASI RHIZOBIUM DAN URIN MANUSIA TERHADAP PERUBAHAN SIFAT BIOLOGI DAN KIMIA TANAH SERTA PERTUMBUHAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRILL) PADA INCEPTISOL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SANTRI IFKY ARWANI P - Personal Name
SubjectSOYBEANS
GROWTH (PLANTS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Santri Ifky Arwani Pakpahan. 1305108010004. Pengaruh Inokulasi Rhizobium dan Urin Manusia Terhadap Perubahan Sifat Biologi Dan Kimia Tanah serta Pertumbuhan Kedelai (Glycine max L. Merrill) pada Inceptisol, di bawah bimbingan Fikrinda sebagai ketua dan Ilyas sebagai anggota. RINGKASAN Inceptisol merupakan tanah lahan kering yang tersebar luas namun mempunyai kadar unsur hara yang rendah, terutama unsur hara nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K). Penggunaan pupuk anorganik secara terus-menerus untuk meningkatkan produktivitas tanah ini dapat menyebabkan kerusakan pada tanah, sehingga penggunaan rhizobium dan urin manusia menjadi teknologi alternatif. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inokulasi rhizobium dan urin manusia terhadap perubahan sifat biologi dan kimia tanah serta pertumbuhan kedelai pada Inceptisol secara faktor tunggal maupun interaksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri atas dua faktor dengan pola 2 x 4 dengan tiga kali ulangan. Faktor pertama adalah Inokulasi Rhizobium (R) terdiri atas dua taraf yaitu: R0 = tanpa inokulasi dan R1 = inokulasi rhizobium. Faktor kedua adalah Dosis Urin Manusia (U) terdiri atas 4 (empat) taraf yaitu U0 = Tanpa Urin, U1 = Urin dosis 25 mL, U2 = Urin dosis 50 mL dan U3 = Urin dosis 75 mL. Parameter yang diamati adalah sifat biologi tanah (total mikroorganisme dan respirasi tanah), sifat kimia tanah (pH, C-organik, N-total, P-tersedia dan K-tersedia) serta pertumbuhan kedelai (tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, bobot kering berangkasan atas dan bobot kering akar). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian inokulasi rhizobium berpengaruh sangat nyata terhadap respirasi tanah dan berpengaruh nyata terhadap K-tersedia namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter lainnya. Perlakuan urin manusia berpengaruh sangat nyata terhadap respirasi tanah dan nyata terhadap total mikroorganisme, pH, tinggi tanaman 30 HST dan diameter batang 30 HST namun tidak nyata terhadap parameter lainnya. Interaksi inokulasi rhizobium dan urin manusia berpengaruh sangat nyata terhadap respirasi tanah dan nyata terhadap total mikroorganisme dan diameter batang 30 HST namun tidak nyata terhadap parameter lainnya. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan R0U1 yaitu tanpa inokulasi dan pemberian urin manusia dengan dosis 25 mL.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MACAM-MACAM RHIZOBIUM DAN DOSIS UREA DALAM MENINGKATKAN HASIL TANAMAN KEDELAI(GLYCINE MAX (L.) MERRIL) (Elsa, 2016)

PENGARUH RHIZOBIUM DAN DOSIS UREA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) (Harmaida Putri, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TERHADAP SIFAT BIOLOGI DAN KIMIA TANAH RHIZOSFER SERTA PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI PADA TANAH TERCEMAR (THESYA AYUNINGSIH, 2019)

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA) DAN PUPUK KOTORAN KELINCI PADA TANAH TUMPUKAN LIMBAH UBI TERHADAP SIFAT BIOLOGI DAN KIMIA TANAH DAN PERTUMBUHAN BUNGA MATAHARI (USWATUN HASANAH HELMI, 2015)

PENGARUH RESIDU PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH DAN KANDUNGAN PROTEIN PADA KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERR) (CUT RISNA GUSNITA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy