//

PENGUASAAN KOSAKATA BAKU BAHASA INDONESIARNSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TAKENGONRNACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang mulyadi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah “Penguasaan Kosakata Baku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Takengon Aceh Tengah.” Tujuannya untuk memperoleh gambaran (deskripsi) tentang penguasaan kosakata baku bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah tingkat penguasaan kosakata baku bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Takengon Kabupaten Aceh Tengah masih rendah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Takengon Aceh Tengah tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 102 orang yang menjadi sampel 34 orang atau 30%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, yaitu teknik tes soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dan tes soal mengubah kosakata non-baku menjadi kosakata baku 20 soal. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penguasaan kosakata baku bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Takengon Kabupaten Aceh Tengah berada pada katagori nilai cukup, dengan nilai rata 57,17. Dengan demikian, siswa juga memiliki kesulitan dibidang kosakata setelah peneliti mengajukan beberapa butir pertanyaan salah satunya soal pilihan berganda diantaranya soal nomor 2 tentang penulisan kata sapaan yang baku, soal nomor 10 tentang penulisan kata baku dengan benar dan soal nomor 17 tentang cara penulisan kata baku. Oleh karena itu, siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Takengon Kabupaten Aceh Tengah sudah mampu menguasai koskata baku dan kosakata tidak baku dalam bahasa Indonesia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (CATUR SINTIA DEWI, 2019)

KORELASI ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE (Nanda Roshita, 2017)

HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BANDA ACEH (Eri Suriyanti, 2017)

PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SIBREH KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (NURAINI, 2019)

ANALISIS PERBANDINGAN KOSAKATA DALAM BAHASA JAMEE DAN MINANG (Yunisaridewi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy