//

VARIASIMUSIM TERHADAP HASIL TANGKAPAN DI WILAYAH PANTAI BARAT SELATAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Andriani - Personal Name
SubjectFISHERMEN
FISHERIES - ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pantai barat selatan aceh berbatasan dengan samudera hindia yang memiliki karakteristik angin yang kuat. Hal tersebut membuat wilayah pantai barat selatan memiliki variasi musim yang meliputi musim barat, musim timur, musim peralihan I dan musim peralihan II. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variasi musim terhadap hasil tangkapan dan untuk mengetahui jumlah dan komposisi jenis hasil tangkapan nelayan di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh pada sekali trip. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 – Februari 2018 yang berlokasi di wilayah pantai barat selatan Aceh (meliputi: Sawang, Susoh, Meulaboh, Kuala Bubon dan Calang). Penelitian dilakukan dengan mewawancarai Toke Bangku di 5 lokasi penelitian dengan masing-masing diambil 50% dari total Toke Bangku. Data penelitian dikelompokkan menjadi dua yaitu data primer (hasil tangkapan dan data lainnya yang menyangkut dengan variasi musim) dan data sekunder (instansi-instansi terkait yang meliputi BMKG dan DKP). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pada musim barat kecepatan angin meningkat dengan hasil tangkapan yang didapatkan berukuran lebih besar dan jumlah hasil tangkapan per ekor lebih sedikit dibandingkan dengan musim timur yang memiliki kecepatan angin menurun dengan hasil tangkapan yang didapatkan berukuran lebih kecil dan jumlah hasil tangkapan per ekor lebih banyak. Kata kunci: Variasi Musim, Hasil Tangkapan, Angin, Jenis Hasil Tangkapan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

VARIASIMUSIM TERHADAP HASIL TANGKAPAN DI WILAYAH PANTAI BARAT SELATAN ACEH (Nova Andriani, 2018)

DAMPAK KEBERADAAN TANGKAHAN TERHADAP NILAI PRODUKSI HASIL TANGKAPAN DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA SIBOLGA SELAMA 5 TAHUN (2013-2017) (ROBBY SYAFRI SITUMEANG, 2019)

PERAN MAHASISWA DALAM MEMPERJUANGKAN KEADILAN POLITIK MASYARAKAT ACEH BARAT SELATAN (Teguh Rizky Oktora, 2017)

PERBANDINGAN KONTRIBUSI SEKTOR PERIKANAN LAUT DENGAN SEKTOR EKOSISTEM BAKAU PADA NELAYAN DI KOTA BANDA ACEH (R. Denny Syahputra, 2016)

ALOKASI OPTIMUM SUMBER DAYA PERIKANAN: PERBANDINGAN PANTAI BARAT DENGAN PANTAI TIMUR ACEH (ADE KHOIRIYANTI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy