//

ANALISIS KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN TAWES (BARBONYMUS GONIONOTUS BLEEKER) DI SUNGAI REUBEE KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Boy Alfari Fhonna - Personal Name
SubjectFISHES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang analisis kebiasaan makan dan hubungan panjang berat di Sungai Reubee Kecamatan Delima Kabupaten Pidie telah dilakukan pada bulan Agustus 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai kebiasaan makan dan hubungan panjang berat ikan tawes didaerah sungai Reubee. Penentuan titik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling yaitu pengambilan langsung pada daerah penangkapan nelayan di sepanjang sungai Reubee, Sampel dianalisis kebiasaan makan dan dihitung panjang berat. Hasil pengamatan jumlah sampel ikan tawes sebanyak 8 ekor yang terisi makanan dari 10 ekor sampel yang diperoleh didapatkan 6 jenis makanan yang terdapat di saluran pencernaan yaitu lumut hati (Antheceroptopsida sp), akar bambu pentung (Dendrocalamus asper) , ikan bilis (Mystacoleucus padangensis), daun ara (Ficus racemosa), udang jerbung (Penaeus merguiensis), dan cacing tanah (Lumbricus rubellus). Jenis lumut memiliki nilai persentase frekuensi kejadian tertinggi yaitu 44 %, pada volumetrik nilai persentase tertinggi didapatkan pada udang dengan nilai 35 % sedangkan nilai indeks Propenderence tertinggi pada lumut dengan nilai 57 %. Nilai analisis kebiasaan makan menunjukkan bahwa ikan tawes (Barbonymus gonionotus) di Sungai Reubee merupakan kelompok ikan omnivora yang cenderung herbivora dengan rasio panjang usus 3:1. Hasil perhitungan hubungan panjang berat pada 50 ikan sampel diperoleh rata-rata 127,42 mm dengan berat rata-rata 56,46 gram. Hasil perhitungan pola pertumbuhannya bersifat allometrik negatif dengan nilai b sebesar 0,938 yang artinya pertumbuhan panjang lebih cepat dari pertambahan bobot tubuh ikan. Faktor kondisi terlihat baik dengan nilai sebesar 107,16. Kata Kunci: Ikan tawes (Barbonymus gonionotus Bleeker) Kebiasaan makan hubungan panjang berat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN JULUNG - JULUNG (DERMOGENYS SP.) DI SUNGAI ALUR HITAM KECAMATAN BENDAHARA KABUPATEN ACEH TAMIANG (ZULIANI, 2016)

KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN SIDAT (ANGUILLA MARMORATA) DI PERAIRAN SUNGAI BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Ridho Romanda, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KETEPENG CINA (CASSIA ALATA L.) TERHADAP DAYA TETAS TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN TAWES (BARBONYMUS GONIONOTUS) (KARINA AMELYA, 2021)

PENGARUH EKSTRAK DAUN WIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP DAYA TETAS TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN TAWES (BARBONYMUS GONIONOTUS) (Fitriani, 2021)

PENGARUH EKSTRAK DAUN MENIRAN (PHYLLANTHUS NINURI) TERHADAP DAYA TETAS TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN TAWES (BARBONYMUS GONIONOTUS) (AULIA RIZKI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy