//

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Lia Ulfah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Praktikum, Hasil Belajar, Keterampilan Proses, Ciri-ciri Makhluk Hidup. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pembelajaran Dengan Praktikum Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Pada Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup di Kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh” telah dilaksanakan pada tanggal 09-19 Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses siswa pada pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretes dan postes kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 156 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/C dan kelas VII/E masing-masing berjumlah 46 siswa. Instrumen mengukur hasil belajar menggunakan tes dan analisis data menggunakan Uji-t. Instrumen mengukur keterampilan proses menggunakan lembar pengamatan keterampilan proses siswa, yang dianalisis dengan rumus persentase. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen 76,34 dan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol 63,13 dan hasil keterampilan proses siswa 71,5 termasuk kedalam katagori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,1>1,67). Analisis penelitian terdapat pengaruh pembelajaran dengan praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran dengan praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP CIRI-CIRI MAHKLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (YULISA FIRDA, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGRNDALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENYESUAIAN RNMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA RNSISWA KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (NURYULIA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK-TALK-WRITE) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SABANG. (Imelda Agustina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy