//

ANALISIS DUKUNGAN ORANGTUA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI REMAJA TUNANETRA (SUATU PENELITIAN DI SMA LB LABUI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUNI ASTUTI.Y - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yuni Astuti Y. 2018. Analisis Dukungan Orangtua Terhadap Penyesuaian Diri Remaja Tunanetra (Suatu Penelitian di SMA LB Labui Kota Banda Aceh). Skripsi, Jurusan Bimbingan da Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Martunis, M. Si, (2) Dra. Dahliana Abd, M. Pd, Kons. Kata kunci : Dukungan Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Remaja Tunanetra. Remaja tunanetra mampu menyusuaikan diri dengan baik dilingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat, dan dilihat dari prestasi remaja tunanetra, yang mana remaja tunanetra mampu bersaing dalam dunia pendidikan layaknya seperti remaja pada umumnya. Subjek penelitian ini adalah orangtua remaja tunanetra Sedangkan objek penelitian ini adalah dukungan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tunanetra di SMA LB kota Banda Aceh. Secara khusus, penelitian ini mendeskripsikan tentang dukungan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari observasi terhadap remaja tunanetra dan melalui wawancara langsung dengan orangtua remaja tunanetra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua dapat memberikan dukungan yang baik sehingga remaja tunanetra mampu menyesuaikan diri, kemudian ditinjau dari segi sosial dukungan orangtua terhadap remaja tunanetra terdapat dua karakter keluarga, yang pertama keluarga yang tidak berani melepas anaknya untuk berinteraksi, yang kedua lebih memberikan kebebasan terhadap anak untuk melakukan interaksi dengan lingkungannya supaya anak memiliki teman dan merasa seperti anak normal lainnya. Oleh karena itu orangtua selaku pendidik pertama dan utama bagi anak dalam keluarga diharapkan hendaknya selalu berusaha mendukung dan memperhatikan anak baik dalam segi jasmani maupun rohani, sehingga dengan kekurangan yang dimiliki bisa mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada diri nya.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SANTRI MAS TGK. CHIEK OEMAR DIYAN, ACEH BESAR) (Az. Mawaddah, 2014)

MEKANISME PENYESUAIAN DIRI REMAJA KORBAN PERCERAIAN ORANG TUARN(STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA) (WAHDINI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KOTA BANDA ACEH (Miranti Bahri, 2016)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sheilla Habinajud, 2016)

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA (A. M. Munawwarah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy