PENGARUH SUHU AKIBAT PEMBEBANAN TERHADAP SUSUT UMUR TRANSFORMATOR DAYA DI GARDU INDUK LAMBARO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH SUHU AKIBAT PEMBEBANAN TERHADAP SUSUT UMUR TRANSFORMATOR DAYA DI GARDU INDUK LAMBARO


Pengarang

MUHAMMAD AIDIL MUZAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304105010080

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Temperatur Hot Spot pada sebuah transformator dapat dipengaruhi oleh besarnya beban serta temperatur lingkungan. Perlu dianalisis nilai temperatur Hot Spot pada sebuah transformator berdasarkan standar PLN yang diterapkan yaitu maksimal 98ºC. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai temperatur Hot Spot transformator daya di Gardu Induk Lambaro kemudian membandingkan dengan nilai yang telah ditargetkan PLN serta mendapatkan besar susut umur dari transformator dengan menggunakan metode IEC354 tahun 1972. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temperatur Hot Spot transformator tersebut masih berada di bawah batas maksimum yang ditetapkan yaitu pada saat ONAN yaitu 92,74ºC. Sedangkan saat ONAF yaitu 66,63ºC. Besar susut umur transformator ONAN/ONAF yaitu sebesar 0,10 jam/hari atau 35,53 jam/tahun. Sisa umur transformator ONAN/ONAF yaitu 13,92 tahun.

Kata kunci: Transformator, Temperatur Lingkungan, Susut Umur

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK