//

ANALISIS VOLUME TULANGAN PLAT LANTAI PADA BANGUNAN GEDUNG PERKANTORAN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAIDZIN AJMIL UMUR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam melaksanakan suatu perencanaan bangunan kontruksi, estimasi biaya memegang peranan penting di dalamnya. Kegiatan estimasi merupakan salah satu proses untuk mengetahui suatu nilai proyek melalui analisis perhitungan dalam merencanakan proyek kontruksi. Bangunan gedung merupakan suatu konstruksi yang cukup kompleks dalam perencanaan maupun pelaksanaannya. Estimasi yang akurat dan efisien akanberpengaruh dalam keberhasilan proyek konstruksi gedung tersebut. Estimasibiaya sebuah bangunan gedung dianalisis dengan sejumlah metode, salah satunya menggunakan Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) 2013. Standar ini menjelaskan tentang tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan untuk kontruksi bangunan gedung dan perumahan. Dalam menganalisis harga satuan pekerjaan beton bertulang, terdapat sejumlah AHSP yang langsung menggabungkan kebutuhan material beton, besi, dan bekisting dalam AHSP komponen beton bertulang, seperti untuk pondasi, sloof, kolom, balok, dinding. Pada analisis tersebut, volume tulangan plat lantai dinyatakan berkisarsebesar 150kg/m³ beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan volume tulangan secara aktual dan membandingkan dengan AHSP 2013. Proses penelitian diawali dengan pengumpulan data sekunder untuk gedung yang berisikan gambar bestek bangunan. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa kebutuhan tulangan plat lantai untuk Gedung Bina Marga sebesar 217,67kg/m³, untuk Kantor Camat Indra Jaya, Aceh jaya sebesar 150,47kg/m³, untuk Kantor IFK- Kota Sabang sebesar 210,18kg/m³, untukProyek Konstruksi Gedung 1 Unsyiah Banda Aceh148,68kg/m³, dan gedung Farmasi Jantho Aceh Besar sebesar157,03kg/m³. Rasio rata-rata yang diperoleh dari kelima gedung sebesar 176,81kg/m³ dimana terdapat perbedaan sebesar 17,87% terhadap AHSP 2013. Kata kunci : komponen struktural, beton bertulang, tulangan, gedung, plat lantai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA STANDAR KEBUTUHAN TULANGAN PLAT LANTAI BETON BERTULANG PADA KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (Rita Safitri, 2016)

ESTIMASI KEBUTUHAN TULANGAN KOLOM PADA BANGUNAN GEDUNG KANTOR DIREKTORAT LALU LINTAS (DITLANTAS) POLDA ACEH (Dodi Alghifari, 2020)

ESTIMASI KEBUTUHAN TULANGAN BALOK LANTAI 2 DAN BALOK LANTAI 3 PADA BANGUNAN GEDUNG KANTOR DITLANTAS POLDA ACEH (Fadhlul Munawar, 2020)

ANALISA KEBUTUHAN TULANGAN PADA BANGUNAN SEKOLAH SDN 1 PAGAR AIR KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (ALIEF FARHAN, 2018)

ANALISIS VOLUME TULANGAN PLAT LANTAI PADA BANGUNAN GEDUNG PERKANTORAN DI PROVINSI ACEH (FAIDZIN AJMIL UMUR, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy