//

ANALISIS KONSENTRASI FOLLICLE STIMULATING HORMONE (FSH) PADA CAIRAN FOLIKEL OVARIUM SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Recyan Diah Zaura - Personal Name
SubjectCOWS
HORMONES
REPRODUCTIVE SYSTEM - ANIMALS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAH HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengkaji karakteristik morfologi ovarium dan mengukur konsentrasi hormon follicle stimulating hormone (FSH) pada cairan folikel ovarium sapi aceh. Cairan folikel diaspirasi dari 30 pasang ovarium (60 buah) yang dikoleksi dari 30 ekor sapi aceh betina dewasa sehat di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Banda Aceh. Karakteristik morfologi yang diamati yaitu berat ovarium, jumlah folikel, dan volume folikel. Folikel dikelompokkan menjadi 3 kategori: folikel berukuran kecil (Ø1-5mm), sedang (Ø5-8,5mm), dan besar (Ø>8,5mm). Kadar hormon FSH dalam cairan folikel dianalisis dengan metode Enzyme Linked Immunosorbent Assay (ELISA). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U test dan Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat ovarium, jumlah folikel, dan volume folikel pada ovarium kanan tidak berbeda dibandingkan pada ovarium bagian kiri (p>0.05). Pada ovarium bagian kanan, konsentrasi hormon FSH pada folikel kecil, sedang dan besar masing-masing 1,04±0,56 ng/ml, 1,29±1,18 ng/ml, dan 0,91±0,21 ng/ml, sedangkan pada ovarium bagian kiri, konsentrasi FSH pada folikel kecil, sedang, dan besar masing-masing 0,95±0,85 ng/ml, 1,31±1,21 ng/ml, dan 2,92±1,67 ng/ml. Berdasarkan analisis statistik konsentrasi FSH pada ketiga ketegori tersebut tidak berbeda nyata (p>0,05). Dapat disimpulkan bahwa morfologi ovarium bagian kanan dan kiri sapi aceh tidak berbeda. Selain itu, Konsentrasi hormon FSH pada cairan folikel kecil, sedang dan besar baik pada ovarium bagian kanan maupun bagian kiri sama.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONSENTRASI HORMON IGF-1 CAIRAN FOLIKEL OVARIUM SAPI ACEH DARI LIMAH RUMAH POTONG HEWAN (RPH) BANDA ACEH (Nabilah Putroe Agung, 2018)

KOLEKSI DAN ANALISIS HORMON ESTRADIOL PADA CAIRAN FOLIKEL SAPI ACEH (Rumi Sahara Zamzami, 2016)

KONSENTRASI ESTRADIOL SAPI ACEH YANG DIINDUKSI PREGNANT MARE SERUM GONADOTHROPIN (PMSG)RNDAN FOLLICLE STIMULATING HORMONE (FSH) (M. Rifki, S. KH, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN GONADOTROPIN RELEASING HORMONE (GNRH) MENGIRINGI PROSTAGLANDIN F2 ALFA (PGF2α) TERHADAP PENINGKATAN RESPONS OVARIUM SAPI ACEH (Hadid Khalifah, 2019)

EFEK PENGERINGAN BEKU (FREEZE DRYING) CAIRAN FOLIKEL LIMBAH OVARIUM SAPI ACEH TERHADAP KONSENTRASI ESTRADIOL (ALIF HERIZA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy