//

EFEK PENGERINGAN BEKU (FREEZE DRYING) CAIRAN FOLIKEL LIMBAH OVARIUM SAPI ACEH TERHADAP KONSENTRASI ESTRADIOL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALIF HERIZA - Personal Name
SubjectCOWS - ANIMAL HUSBANDRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAH HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengkaji teknik pengawetan menggunakan metode pengeringan beku (freeze drying) terhadap konsentrasi hormon estradiol pada cairan folikel ovarium sapi aceh. Cairan folikel diaspirasi dari 30 pasang ovarium (60 buah) yang dikoleksi dari 30 ekor sapi aceh betina di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Banda Aceh. Pengeringan beku dilakukan menggunakan mesin freeze dryer (Christ®, Gamma 1-20) pada suhu -40oC dengan tekanan vakum 1.030-0.630 mbar, dilakukan selama 72 jam. Data konsentrasi hormon estradiol pada cairan folikel segar dan cairan folikel yang telah dikering bekukan dianalisis menggunakan uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pengeringan beku rataan volume sediaan freeze drying tidak berbeda jauh dengan volume sediaan segar. Rataan cairan folikel sediaan kering yang diperoleh sebesar 155,3 g dari sediaan segar sebanyak 200 μl/sampel. Rataan konsentrasi estradiol cairan ovarium segar dan kering masing-masing sebesar 36,59±8,08 ng/ml dan 33,91±7,31 ng/ml atau menurun sebesar 3,4%. Akan tetapi, hasil analisis statistik rataan konsentrasi estradiol pada sediaan segar dan kering tidak berbeda nyata (p>0,05). Dapat disimpulkan bahwa pengeringan beku cairan folikel sapi aceh tidak berpengaruh pada konsentrasi hormon estradiol.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOLEKSI DAN ANALISIS HORMON ESTRADIOL PADA CAIRAN FOLIKEL SAPI ACEH (Rumi Sahara Zamzami, 2016)

ANALISIS KONSENTRASI HORMON IGF-1 CAIRAN FOLIKEL OVARIUM SAPI ACEH DARI LIMAH RUMAH POTONG HEWAN (RPH) BANDA ACEH (Nabilah Putroe Agung, 2018)

ANALISIS KONSENTRASI FOLLICLE STIMULATING HORMONE (FSH) PADA CAIRAN FOLIKEL OVARIUM SAPI ACEH (Recyan Diah Zaura, 2018)

DISTRIBUSI RESEPTOR ESTROGEN ALPHA (ER-α) DAN RESEPTOR PROGESTERON A (PR-A) PADA OVARIUM SAPI ACEH REPEAT BREEDING DAN NON REPEAT BREEDING SECARA IMUNOHISTOKIMIA (AZZAHRATUL HUMAIRA, 2019)

IDENTIFIKASI DAN DISTRIBUSI KARBOHIDRAT PADA OVARIUM SAPI ACEH (Juliadi Ramadhan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy