//

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IVRN SDN 50 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Muri Lastiana - Personal Name
SubjectMATHEMATICS - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Kemampuan Siswa, Operasi Hitung Campuran Operasi hitung campuran merupakan salah satu materi pelajaran yang diajarkan di kelas IV SD pada semester I. Pemilihan materi ini didasari dengan adanya kesulitan siswa dalam memahami materi operasi hitung campuran, salah satunya adalah siswa kurang memahami aturan yang berlaku dalam penyelesaian operasi hitung campuran. Dari sulitnya siswa memahami materi tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari masalah tersebut, penulis mengadakan penelitian yang berjudul “Kemampuan Siswa Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SDN 50 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran di kelas IV SDN 50 Banda Aceh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran di kelas IV SDN 50 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah statistik deskriptif yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik tes dan wawancara. Adapun tes yang diberikan berbentuk soal cerita yang mencakup penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang berjumalh 10 soal. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa nilai siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran dari 32 siswa terdapat 28 siswa yang mampu menjawab dengan persentase mencapai 87,5% dan mendapatkan nilai di atas KKM SDN 50 Banda Aceh yakni 65. Sedangkan 4 siswa dinyatakan kurang mampu dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran dengan persentase 12,5%. Setelah nilai siswa dijumlahkan seluruhnya diperoleh nilai rata-rata siswa kelas IV SDN 50 Banda Aceh yakni 72,5. Berdasarkan persentase hasil belajar siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 50 Banda Aceh mampu menyelesaikan soal operasi hitung campuran. Untuk mengetahui penyebab 4 siswa tidak mampu dalam menjawab soal operasi hitung campuran, peneliti melakukan wawancara dengan memberikan 8 soal yang berbentuk lisan. Dari hasil wawancara peneliti mengetahui bahwa keempat siswa kurang memahami aturan yang berlaku pada operasi hitung campuran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 54 BANDA ACEH (NURLIA YUSFA, 2019)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA BILANGAN BULAT DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Misrawati, 2018)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Siti Hawa, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy