//

HUBUNGAN KONSENTRASI FLUOR DALAM AIR SUMUR DAN SALIVA TERHADAP STATUS KARIES PADA REMAJA DI DAERAH PESISIR PANTAI ACEH BESAR (STUDI PENELITIAN DI SMA 1 LEUPUNG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT MAINA AMALIA - Personal Name
SubjectENAMEL (DENTAL) DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Cut Maina Amalia Fakultas : Kedokteran Gigi Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Pengaruh Konsentrasi Fluor dalam Air Sumur dan Konsentrasi Fluor dalam Saliva terhadap Status Karies di daerah Pesisir Pantai. Fluoride merupakan salah satu senyawa kimia yang terdapat di dalam air minum yang dapat memberikan efek yang signifikan dalam air minum. Fluor dapat dijumpai dalam air minum dan berbagai sumber. Konsentrasi fluor optimum yaitu berkisar antara 0,7 ppm – 1,2 ppm. Fluoride di daerah pesisir pantai memiliki konsentrasi fluor yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi fluor dalam air sumur dan saliva terhadap status karies di daerah pesisir pantai dan sebagai gambaran awal kondisi kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini menggunakan 36 subjek. Untuk menilai status kesehatan gigi dan mulut dalam hal ini karies gigi digunakan nilai DMF-T (Decay Missing Filled Teeth). Pengambilan saliva dengan meminta pasien untuk mengisi air sumur yang dikonsumsi dan saliva kedalam gelas kumur yang telah disediakan dan kemudian dilihat dengan menggunakan spektrofotometer. Hasil yang didapat dianalisis dengan uji korelasi Pearson dengan nilai p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONSENTRASI FLUOR DALAM AIR SUMUR TERHADAP STATUS FLUOROSIS GIGI DAN KONSENTRASI FLUOR SALIVA PADA SISWA SMA NEGERI 1 LEUPUNG (CUT THIRZA TALITHA, 2019)

GAMBARAN STATUS KARIES PADA ANAK USIA 12-15 TAHUN YANG MENGKONSUMSI AIR SUMUR DAN ATAU AIR GUNUNG DI KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (Alfiana Sukmawati, 2014)

GAMBARAN STATUS KARIES PADA ANAK USIA 12-15 TAHUN YANG MENGKONSUMSI AIR SUMUR AIR GUNUNG DAERAH LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (musfira nurlinda, 2014)

GAMBARAN DEPOSIT KALKULUS BERDASARKAN PH AIR SUMUR PADA SISWA SMA NEGERI 1 LEUPUNG DI PESISIR PANTAI GAMPONG DEAH MAMPLAM KABUPATEN ACEH BESAR (Leni Listiana, 2019)

GAMBARAN FLUOROSIS BERDASARKAN THYLSTRUP & FEJERSKOV (TF) INDEX PADA SISWA-SISWI KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI PADA SMA NEGERI 1 LEUPUNG) (YENNI ASTUTI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy