//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTSN 4 RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairana Zuhra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zuhra, Khairana. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTsN 4 Rukoh Banda Aceh. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) H. Daska Azis , S.Pd, M.A Kata Kunci : hasil belajar, Course Review Horay, Index Card Match, IPS Terpadu Model pembelajaran merupakan rancangan dasar bagi seorang guru tentang cara melaksanakan pembelajaran secara bertanggung jawab. Penggunaan model pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa selama pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi optimal. Adapun beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran Course Review Horay dan Index Card Match yang dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan siswa dalam proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Index Card Match pada siswa Kelas VII MTsN 4 Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horey lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Index Card Match pada siswa Kelas VII MTsN 4 Rukoh Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII yang berjumlah 167 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya siswa Kelas VII-1 sebanyak 28 siswa dan Kelas VII-2 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = -5,73 dan ttabel = 1,671 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60, artinya thitung < ttabel sehingga H0 diterima. Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran Course Review Horay tidak lebih baik dari pada hasil belajar siswa kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN 4 Rukoh Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rahmatul Fadhila, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy