PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA


Pengarang

LISA FIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200100002

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Lisa Fiani, 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks pada Kelas X di SMA Negeri 1 Lhoknga. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Ramli, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran, Berbasis Teks, Kurikulum 2013.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanan, dan penilaian yang pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks pada kelas X di SMA Negeri 1 Lhoknga yang dilaksanakan oleh guru bahasa Indonesia. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, deskripsi, dan analisis data. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Lhoknga. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis data yang dikumpulkan, yakni lembaran observasi dan RPP guru, hasil wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada RPP buatan guru yang masih ada komponen yang tidak tertera, yaitu indikator pencapaian kompetensi. Sementara itu, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks oleh guru di kelas belum sepenuhnya sesuai kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada saat proses PBM, yaitu guru belum mampu menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan yang ada dalam RPP. Evaluasi yang dilakukan guru dalam kelas belum sepenuhnya sesuai dilaksanakan. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang guru lakukan hanya pada penilaian pengetahuan saja.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK