Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA
Pengarang
LISA FIANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200100002
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Lisa Fiani, 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks pada Kelas X di SMA Negeri 1 Lhoknga. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Ramli, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran, Berbasis Teks, Kurikulum 2013.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanan, dan penilaian yang pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks pada kelas X di SMA Negeri 1 Lhoknga yang dilaksanakan oleh guru bahasa Indonesia. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, deskripsi, dan analisis data. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Lhoknga. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis data yang dikumpulkan, yakni lembaran observasi dan RPP guru, hasil wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada RPP buatan guru yang masih ada komponen yang tidak tertera, yaitu indikator pencapaian kompetensi. Sementara itu, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks oleh guru di kelas belum sepenuhnya sesuai kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada saat proses PBM, yaitu guru belum mampu menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan yang ada dalam RPP. Evaluasi yang dilakukan guru dalam kelas belum sepenuhnya sesuai dilaksanakan. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang guru lakukan hanya pada penilaian pengetahuan saja.
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA (LISA FIANI, 2018)
THE APPLICATION OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING AND TOTAL PHYSICAL RESPONSE AT ELEMENTARY SCHOOL (Yuliza, 2021)
THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)
INVESTIGATING THE LANGUAGE CHOICE OF ACEHNESE INTERMARRIAGE COUPLES IN THE HOME DOMAIN (Windasari, 2017)
THE EFFECT OF JAPANESE LANGUAGE LEARNING ON THE LEARNERS’ FIRST LANGUAGE USE IN INDONESIA (SYAFIRA YUNIDAR, 2018)