//

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN ISLAMI BAGI PELANGGAR NORMA-NORMA AGAMA (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yahnijar - Personal Name
SubjectMORAL EDUCATIONS
ISLAMIC - MORALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : wilayatul hisbah, kepribadian islami Penelitian ini berjudul : “Peran Wilayatul Hisbah Dalam Membina Kepribadian Islami Bagi Pelanggar Norma-Norma Agama” (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh). Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran wilayatul hisbah dalam membina kepribadian islami bagi pelanggar norma-norma agama. Kendala apa saja yang dihadapi dalam membina kepribadian islami bagi pelanggar norma-norma agama. Upaya apa saja yang dilakukan wilayatul hisbah untuk mengatasi kendala dalam membina kepribadian islami bagi pelanggar norma-norma agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran wilayatul dalam membina kepribadian islami bagi pelanggar norma-norma agama. untuk mengetahui kendala yang dihadapi wilayatul hisbah dalam membina kepribadian islami bagi pelanggar norma-norma agama. Untuk mengetahui Upaya apa saja yang dilakukan wilayatul hisbah untuk mengatasi kendala dalam membina kepribadian islami bagi pelanggar norma-norma agama. Metode yang digunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Yang menjadi informan dalam penelitian ini sebanyak lima belas (15) anggota wilayatul hisbah di kota Banda Aceh. Hasil analisis data menunjukan bahwa peran wilayatul hisbah didalam membina kepribadian islami sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan hukum dan ajaran islam. Sementara kendala yang dihadapi sangat kompleks baik dari dalam diri sipelanggar maupun dari luar sehingga Wilayatul Hisbah terkendala menginternalisasikanilai-nilai islami dalam diri sipelanggar. Untuk mengatasi kendala tersebut keterlibatan seluruh komponen-komponen yang saling ketergantungan tiga komponen utama adalah keluarga, sekolah, dan masyarakat dimana komponen tersebut merupakan faktor utama dalam membentuk kepribadian islami. Kesimpulan peran wilayatul hisbah merupakan lembaga pengawas syari’at Islam untuk melaksanakan yang ma’ruf dan meninggalkan segala yang munkar dan mengarahkan kepada kebaikan. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepda pemerintah, orang tua, sekolah dan masyarakat saling bekerja sama dalam membina kepribadian Islami, agar syari’at islam berjalan dengan baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN SYARIAT ISLAM DI KOTA LANGSA (Zulkifli Ab, 2018)

UPAYA WILAYATUL HISBAH MENANGGULANGI PELANGGARAN TIDAK BERBUSANA ISLAMI MELALUI PATROLI RNDI KOTA BANDA ACEH (ANIS SAPUTRA, 2014)

PERKEMBANGAN LEMBAGA SATUAN WILAYATUL HISBAH DI KOTA BANDA ACEH, 2000 – 2016 (Meri Andriani, 2017)

RASIONALISASI SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN WILAYATUL HISBAH SESUAI DENGAN PERAN DAN FUNGSINYA (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (RIZKI YULIANDA, 2017)

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MEWUJUDKAN BUSANA ISLAMI PADA PEMBUATAN VIDEOKLIP LAGU ACEH (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Syafridawati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy