//

PEMANFAATAN EKSTRAK METANOL DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI BAHAN OBAT UNTUK MENGATASI NYERI PADA MENCIT (MUS MUSCULUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairunnisa Raudhatul Jannah Asy-syahid - Personal Name
SubjectPAIN - PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAH HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

PEMANFAATAN EKSTRAK METANOL DAUN KELOR (Moringa oleifera) SEBAGAI BAHAN OBAT UNTUK MENGATASI NYERI PADA MENCIT (Mus musculus) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui manfaat ekstrak metanol daun kelor (Moringa oleifera) sebagai bahan obat untuk mengatasi nyeri pada mencit (Mus musculus). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola split plot. Hewan coba yang digunakan adalah 25 ekor mencit jantan yang dibagi dalam 5 kelompok perlakuan. Mencit pada kelompok P0 sebagai kontrol negatif diberi akuades, kelompok P1 sebagai kontrol positif diberi meloksikam, sedangkan P2, P3, dan P4 diberikan ekstrak metanol daun kelor (EMDK) masing-masing dengan dosis 25 mg/kg bb, 50mg/kg bb, dan 75mg/kg bb. Induksi nyeri pada mencit menggunakan asam asetat 0,5 %. Aktifitas analgesik dihitung setiap 5 menit sekali dalam waktu 1 jam dengan menggunakan metode writhing abdominal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemberian ekstrak metanol daun kelor memiliki pengaruh yang nyata (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN ANALGESIK EKSTRAK METANOL DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIBERI RANGSANGAN PANAS PADA TELAPAK KAKI (NAFSUL MUTHMAINNAH A, 2018)

EFEK EKSTRAK AIR DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI ANALGESIK PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) DENGN METODE GELIAT (AVIVA HILYANI, 2017)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA LAM.) PADA MENCIT JANTAN (MUS MUSCULUS) HIPERGLIKEMIK YANG DIINDUKSI ALOKSAN (Dinni, 2018)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) TERHADAP PELEPASAN ION KALSIUM SALURAN AKAR GIGI SETELAH DIPAPARKAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (SILVI SULISTINA, 2020)

KEMAMPUAN EKSTRAK AIR DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA LAMK) SEBAGAI ANALGESIK MENGGUNAKAN METODE HOT PLATE (REZKY RAMADHAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy