//

PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEREMPUAN UNTUK MENIKAH DI KECAMATAN KUTA COT GLIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Amalina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nur Amalina. 2018. Pengambilan Keputusan Perempuan Untuk Menikah (Studi Kasus di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Syiah Kuala. Pembimbing 1. Dr. T.M. Jamil, M. Si 2. Drs. Amrusi, M.Si Kata Kunci : Perempuan, Faktor keputusan menikah muda Penelitian ini berjudul “Pengambilan Keputusan Perempuan Untuk Menikah (Studi Kasus di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi perempuan mengambil keputusan untuk menikah pada usia muda, untuk mengetahui persiapan sebelum menikah, untuk mengetahui dampak dari pernikahan usia remaja. Peneliti menggunakan pendekatan Kualitatif dengan Jenis Penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah perempuan yang telah menikah pada usia muda di Kecamatan Kuta Cot Glie yaitu sebanyak 5 orang informan perempuan yang menikah muda untuk dijadikan subjek penelitian, mereka diambil secara purposive sampling yaitu yang dianggap paham betul dengan dengan kondisi permasalahan yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan perempuan di Kecamatan Kuta Cot Glie menikah usia muda karena faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu, rendahnya tingkat pendidikan formal yang ditempuh oleh perempuan, untuk meringankan beban keluarga dan karena rasa saling suka. Persiapan yang dilakukan sebelum menikah muda yaitu pekerjaan suami guna memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga selain pekerjaan mereka juga mempersiapkan tempat tinggal untuk mereka tinggali. Pernikahan muda dapat menimbulkan dampak positif dan negatif bagi perempuan yang menikah muda. Dampak positifnya yaitu perekonomian mereka lebih baik dibandingkan dengan sebelum menikah, sedangkan dampak negatifnya yaitu rendahnya pendidikan yang mereka tempuh selain itu juga menyebabkan mereka kurang mandiri dalam hal keuangan karena hanya berharap dari pemberian suami.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPUTUSAN PEREMPUAN MENIKAH DINI DI DESA PULO KECAMATAN SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR(SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF) (AFRI RAHMADIA MARTA, 2014)

PERAN PNPM DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR PADA SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (Nurdin, 2016)

ANALISIS PEMANFAATAN SUMBERDAYA AIR DAN KEBUTUHAN AIR UNTUK SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Mainia Sari, 2015)

KEPUTUSAN BERKARIR PADA WANITA YANG SUDAH MENIKAH (STUDI DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) KEPUTUSAN BERKARIR PADA WANITA YANG SUDAH MENIKAH (STUDI DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) KEPUTUSAN BERKARIR PADA WANITA YANG SUDAH MENIKAH (STUDI DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Oesan Paradise, 2016)

KONDISI FISIK DAN LINGKUNGAN RUMAH PENDERITA MALARIA DI DESA BUNG SIMEK KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Mutia Salma, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy