PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH


Pengarang

Anggi Destiana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103040091

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Quantum
Teaching pada materi laju reaksi di kelas XI SMA Unggul Negeri 2 Boarding School
Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitan Quasi-eksperimen one grup postest pretest design
tanpa menggunakan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XIMIA

3 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang, 8 orang siswa laki-laki dan 11
orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, kuesioner
angket dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal tes
pretest dan posttest serta lembar observasi aktivitas siswa dan angket tanggapan
siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kelompok
rendah, sedang dan tinggi dengan nilai N-gain sebesar 83,7%, 77,5% dan 74,8%
termasuk katagori baik. Nilai t
hitung
yang didapatkan dari katagori kelompok rendah,
sedang dan tinggi adalah 19,94, 10,63 dan 6,45 dengan nilai t
tabel
2,110 maka
peningkatan terjadi secara signifikan. Namun ketuntasan klasikal yang diperoleh
sebesar 57,8% termasuk katagori cukup. Persentase penilaian aktivitas siswa secara
klasikal selama 3 kali pertemuan berturut turut adalah 65,86%, 87,5% dan 86,05%.
Tanggapan positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunkaan model
pembelajaran Quantum Teaching sebesar 79,5% termasuk kedalam katagori baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi laju reaksi di
SMA Unggul Negeri 2 Boarding School Banda Aceh dapat meningkatkan hasil
belajar siswa, meningkatkan aktivitas siswa dan adanya tanggapan positif dari siswa.
Kata Kunci: Quantum Teaching, Hasil Belajar, Laju Reaksi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK