DETEKSI BAKTERI SALMONELLA SP. PADA TANGAN PEDAGANG DAGING SAPI DAN PERKIRAAN PENYEBABNYA DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DETEKSI BAKTERI SALMONELLA SP. PADA TANGAN PEDAGANG DAGING SAPI DAN PERKIRAAN PENYEBABNYA DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH


Pengarang

USWATUN HASANAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1402101010124

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

DETEKSI BAKTERI Salmonella sp. PADA TANGAN PEDAGANG DAGING SAPI DAN PERKIRAAN PENYEBABNYA
DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi bakteri Salmonella sp. pada tangan pedagang daging sapi dan perkiraan faktor penyebabnya di Pasar Peunayong Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yang digunakan adalahswab tangandari pedagang yang dipilih secara acak. Selain itu juga dilakukan pengamatan untuk perkiraan faktor penyebabnyadengan menggunakan lembar observasi. Bakteri Salmonella sp. diisolasi dari sampel swab pada tangan pedagang. Selanjutnya diinokulasikan ke dalam media pengkayaan yaitu Selenite Cysteine Broth (SCB). Kemudian ditumbuhkan pada media selektif Salmonella Shigella Agar (SSA). Lembar observasi digunakan untuk melihat kemungkinan peran higiene dan sanitasi sebagai penyebab cemaran bakteri Salmonella sp. pada tangan pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 sampel swab tangan pedagang daging sapi di pasar Peunayong, Banda Aceh, ditemukan 11 sampel (91,7 %) yang positif Salmonella sp. Berdasarkan penilaian lembar observasi, terlihat bahwa kondisi higiene dan sanitasi di lokasi pedagang daging sapi di Pasar Peunayong tergolong tidak bagus. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat cemaran bakteri Salmonella sp. pada tangan pedagang daging sapi di Pasar Peunayong Banda Aceh dan diperkirakan faktor penyebabnya adalah kondisi higiene dan sanitasi lokasi penjualan tersebut.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK