//

PENERAPAN GENERALIZED POISSON REGRESSION (GPR) DALAM MEMODELKAN ANGKA PENDERITA GIZI BURUK DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang USWATUL HASANAH - Personal Name
SubjectNUTRITION
REGRESSION ANALYSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Permasalahan status gizi menjadi masalah yang serius di negara-negara berkembang termasuk Indonesia, salah satunya adalah Provinsi Aceh. Berdasarkan data riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan tahun 2011 menunjukkan 38,9 persen balita di Aceh mengalami gizi buruk, angka ini berada di atas persentase penderita gizi buruk tahun 2010 yaitu 23,7 persen, Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan jumlah balita penderita gizi buruk di Provinsi Aceh. Jumlah kasus gizi buruk merupakan data cacah yang mengikuti Distribusi Poisson, oleh karena itu salah satu metode yang dapat digunakan adalah Generalized Poisson Regression (GPR). Model Generalized Poisson Regression (GPR) merupakan salah satu model alternatif yang digunakan untuk mengatasi kejadian overdispersion pada data berdistribusi Poisson. Penaksiran parameter dari model Generalized Poisson Regression (GPR) dapat diperoleh dengan menggunakan metode maximum likelihood estimation. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah balita penderita gizi buruk di Provinsi Aceh tahun 2011 dan mendapatkan model Generalized Poisson Regression (GPR) terbaik berdasarkan nilai AIC (Akaike Information Criteria). Data jumlah balita penderita gizi buruk menunjukkan terjadinya kejadian overdispersion, sehingga pemodelan dapat dilakukan dengan metode Generalized Poisson Regression (GPR). Model terbaik yang didapatkan berdasarkan nilai AIC (Akaike Information Criteria) adalah dan hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap jumlah balita penderita gizi buruk adalah jumlah penduduk miskin, persentase RT penerima jamkesmas, dan persentase RT nelayan. Kata Kunci : Gizi Buruk, Overdispersion, Akaike Information Criteria, Generalized Poisson Regression

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE GENERALIZED POISSON REGRESSION DALAM MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH TERHADAP KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI INDONESIA (MUHAMMAD HAIKAL NST, 2020)

IMPLEMENTASI GENERALIZED ESTIMATING EQUATIONS (GEE) LOGISTIC REGRESSION DALAM MENGANALISIS STATUS GIZI REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Rizkika Fadhilah, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP SIKAP DALAM MENDAPATKAN PERAWATAN ANAK GIZI BURUK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Maya Safira, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANGKA KEMATIAN BAYI DI ACEH (Ayu Novianti, 2015)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT KESEHATAN DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN KORELASI KANONIK (RESTU DEVIYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy