//

KAJIAN TEKNIS PERENCANAAN DAN BIAYA REKLAMASI PADA AREA LAHAN BEKAS TAMBANG DI PIT B PT MIFA BERSAUDARA MEULABOH ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad At Thariq - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penambangan batubara pada umumnya dilakukan dengan metode open pit. Salah satu akibat dari kegiatan penambangan adalah kerusakan lingkungan dan bentang alam. Dampak buruk dari kegiatan penambangan ini dapat ditanggulangi dengan adanya perencanaan kegiatan reklamasi. Penelitian ini ditujukan untuk merencanakan dan menghitung biaya reklamasi lahan bekas tambang seluas 7,5 Ha di PT MIFA Bersaudara yang terletak di Meulaboh, Aceh Barat. Perencanaan reklamasi diawali dengan kegiatan recountouring dan penyebaran tanah pucuk sebanyak 37500 m3dengan waktu 215 jam, menguunakan alat 1 unit Caterpillar320D Hydraulic Excavator, 3 unit Caterpillar 740 Articulated Dump Truck dan 1unit Bulldozer Komatsu D69ESS dengan biaya sewa alat Rp. 2.010.784.430. Untuk mengendalikan air limpasan yang masuk maka dilakukan pembuatan saluran drainase berbentuk trapesium sepanjang 1974,15 m dengan biaya Rp. 1.491.578.257 biaya total perencanaan reklamasi Rp. 3.820.162.687. Untuk mengembalikan fungsi lahan maka dilakukan revegetasi lahan dengan penanaman tanaman trembesi sebanyak 2250 batang dan tanaman sengon sebanyak 2250 batang. Penanaman dilakukan oleh 5 orang pekerja dengan waktu 150 jam. Agar pertumbuhan tanaman sesuai dengan perencanaan maka dibutuhkan pemantauan berkala selama 2 tahun, dengan total keseluruhan biaya Rp.307.800.000. Kata kunci : reklamasi, recontouring, drainase dan revegetasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP SISTEM OPERASIONAL DI AREA FIX CRUSH 01 (FC01) PT. MIFA BERSAUDARA – MEULABOH ACEH BARAT (Hanapi, 2019)

PERENCANAAN REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN SILTSTONE DAN SHALE (QUARRY 2) PT AROMA CIPTA ANUGRAHTAMA, LHOKNGA, ACEH BESAR, ACEH (REZA MAULIDA, 2017)

EVALUASI BIAYA DAN KEGIATAN PENGOLAHAN AIR TAMBANG PADA SETTLING POND WMP 09 DI PT MIFA BERSAUDARA, ACEH BARAT (RIANTO WIBOWO, 2019)

KONFLIK SOSIAL MASYARAKAT GAMPONG BALEE DI ACEH BARAT DENGAN PT. MIFA BERSUDARA (STUDI KASUS MASYARAKAT GAMPONG BALEE KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT) (NURWIRAHMATULLAH, 2020)

APLIKASI BIOCHAR BAMBU DAN BIOCHAR EMBEDDED-NPK TERHADAP KARAKTERISTIK MORFOLOGI AKAR DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG MANIS PADA LAHAN BEKAS TAMBANG BATUBARA (Indah Ellyana, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy