//

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENGALAMAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ainal Mardhiah - Personal Name
SubjectEARTHQUAKES -DDISASTER SERVICE
STUNAMI
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Aceh Jaya merupakan suatu daerah yang rawan terhadap gempa bumi dan tsunami karena terletak pada lempengan patahan Sumatera dan sebagian besar wilayahnya terletak pada daerah pesisir pantai. Kesiapsiagaan merupakan salah satu elemen penting dari pengendalian risiko bencana yang bersifat pro-aktif sebelum terjadi bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap dan pengalaman terhadap kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di Krueng Sabee. Jenis penelitian explanatory research yang dilakukan di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Populasi penelitian adalah seluruh kepala keluarga dengan sampel sebanyak 91 KK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik variabel pengetahuan, sikap dan pengalaman berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami. Variabel yang berpengaruh pada penelitian ini adalah variabel pengetahuan ( = 0.664). Disarankan kepada instansi terkait agar memperhatikan lagi upaya - upaya kesiapsiagaan untuk meningkatkankan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana yang akan datang misalnya dengan memberikan informasi dan pelatihan tentang bencana gempa bumi dan tsunami kepada masyarakat. Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Pengalaman, Kesiapsiagaa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN METODE SIMULASI SCHOOL WATCHING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI RNBENCANA GEMPA BUMI (HUSNUL KHATIMAH, 2015)

KESIAPSIAGAAN TIM SEARCH AND RESCUE (SAR) ACEH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (Azwar Hamidi, 2015)

HUBUNGAN SIKAP TENTANG REGULASI, PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI BLUD RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PEMERINTAH ACEH. (bukhari, 2015)

EFEKTIVITAS PENERAPAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH (H A M D A N, 2016)

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT ‘DESA SIAGA BENCANA’ DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Febriana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy