//

DIAGNOSA KASUS DERMATOFITOSIS PADA KUCING DENGAN WOOD’S LAMP DAN SLIDE CULTURE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novita Fauziah Putri Pane - Personal Name

Abstrak/Catatan

DIAGNOSA KASUS DERMATOFITOSIS PADA KUCING DENGAN WOOD’S LAMP DAN SLIDE CULTURE ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan Wood’s lamp dalam mendiagnosa dermatofitosis. Alat Wood’s lamp mengeluarkan Radiasi Ultraviolet (UV) bergelombang panjang yang akan berinteraksi dengan senyawa metabolit triptofan yang dihasilkan oleh golongan dermatofita. Pada kasus dermatofitosis yang disebabkan oleh jamur maka akan terlihat warna hijau pada saat disinari Wood’s lamp. Sampel yang digunakan adalah kerokan kulit dari kucing yang diduga terinfeksi dermatofitosis dengan gejala klinis seperti alopesia, eritema, papula, scale, dan anular alopesia. Sampel kerokan kemudian ditanam pada media Sabourauds Dextrosa Agar (SDA) untuk diidentifikasi secara makroskopis dan penanaman pada slide culture untuk diidentifikasi secara mikroskopis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil pemeriksaan dari enam sampel kucing yang diduga terinfeksi dermatofitosis menunjukkan warna fluoresen hijau terang dibawah Wood’s lamp. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Wood’s lamp dapat dipakai untuk mendiagnosa dermatofitosis. Dermatofitosis pada kucing Persia disebabkan oleh infeksi tunggal Micropsorum sp. sedangkan pada kucing domestik dermatofitosis disebabkan oleh infeksi Trichophyton sp., dan Microsporum sp.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN LEUKOSIT DARAH KUCING KAMPUNG (FELIS DOMESTICA) DAN KUCING PERSIA (FELIS CATUS) YANG MENDERITA DERMATOFITOSIS (Selvy Yunizar, 2018)

ISOLASI JAMUR PENYEBAB DERMATOFITOSIS SECARA SIMTOMATIK PADA KUCING KAMPUNG (FELLIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Tri Fajarko, 2016)

ISOLASI TRICOPHYTON SP PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA KAMBING KACANG (CAPRA AEGAGRUS HIRCUS) (Dinda Aulia Putri, 2021)

EFEK PATOFISIOLOGI INFEKSI JAMUR PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA KUCING KAMPUNG(FELLIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA, KOTA BANDA ACEH (Walfa Hidayat, 2016)

PERSIAPAN DAN PEMASANGAN KATETER PADA KUCING JANTAN (Muhammad Ridwan, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy