UJI KEMATANGAN SERBUK SARI DAN KEPALA PUTIK PADA TANAMAN LILI HUJAN (ZEPHYRANTHES CANDIDA (LIND.) HERB.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

UJI KEMATANGAN SERBUK SARI DAN KEPALA PUTIK PADA TANAMAN LILI HUJAN (ZEPHYRANTHES CANDIDA (LIND.) HERB.)


Pengarang

Aminah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1308104010016

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Biologi (S1) / PDDIKTI : 46201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Zephyranthes candida (Lindl.) Herb. merupakan salah satu spesies dari familia Amaryllidaceae yang berpotensi sebagai induk silangan. Pengetahuan mengenai viabilitas serbuk sari dan reseptivitas kepala putik, sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan persilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui viabilitas serbuk sari dan reseptivitas kepala putik yang optimal. Uji viabilitas serbuk sari dilakukan dengan teknik perkecambahan secara in vitro, sedangkan uji untuk pengamatan reseptivitas kepala putik dilakukan dengan teknik perendaman dengan larutan H2O2 3%. Uji viabilitas serbuk sari menggunakan media PGM F menunjukkan viabilitas serbuk sari tertinggi terdapat pada fase bunga mekar sempurna (H0), dengan rata-rata persentase perkecambahan mencapai 80,7% selama 4 jam. Uji reseptivitas kepala putik menggunakan teknik perendaman dengan larutan H2O2 3%, menunjukkan hasil tertinggi pada fase bunga satu hari setelah bunga mekar sempurna (H+1), dengan rata-rata jumlah gelembung udara yang terbentuk mencapai 341,2 gelembung selama 5 menit. Pemanenan serbuk sari untuk keperluan penyerbukan dapat dilakukan pada fase bunga H0. Pemilihan kepala putik untuk keperluan penyerbukan dapat dilakukan pada fase bunga H+1.

Kata kunci: Zephyranthes candida (Lindl.) Herb., uji viabilitas serbuk sari, uji reseptivitas kepala putik

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK