//

PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORY LEARNING DAN INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 KOTA LANGSA PADA UNSUR PEMBENTUK CERITA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulida Sari - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan penerapan metode pembelajaran ekspository dan metode pembelajaran inquiry terhadap kemampuan siswa kelas VIII pada materi unsur pembentuk cerita. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Langsa yang berjumlah 204 siswa tersebar dalam sembilan kelas. Sampel penelitian sebanyak 43 siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Langsa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII-1 dan VIII-5. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes yang diolah dengan menggunakan rumus statistik. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest – Posttes Control Grup Desain. Berdasarkan hasil penerapan kedua metode belajar, penggunaan metode eksposioty learning dan inquiry lerning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < α (0,05). Dari hasil presentase nilai pre-test dan post-test, Kelas yang menggunakan metode Ekspository learning mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 20% dan kelas inquiry learning mengalami peningkatan sebesar 26%. Dilihat dari presentasenya, kelas inquiry lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Kota langsa khususnya pada materi unsur pembentuk cerita. Kata Kunci: Eksposiroty Learning, Inquiry Learning, hasil belajar siswa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Yulisnawati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)

THE USE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IN INCREASING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT GRADE 2, SEMESTER 1, SMPN 1 KUALA BATEE, ABDYA) (Rahimah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING RN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAHRN SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP RN NEGERI 8 BANDA ACEH (Nursafiah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy