PEMBERITAAN KLAIM TARI TORTOR DAN GORDANG SAMBILAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA MALAYSIA PADA HARIAN WASPADA (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS PADA HARIAN WASPADA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBERITAAN KLAIM TARI TORTOR DAN GORDANG SAMBILAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA MALAYSIA PADA HARIAN WASPADA (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS PADA HARIAN WASPADA)


Pengarang

Ali Mumin Harahap - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0910102010009

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

070.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul Pemberitaan Klaim Tari Tortor dan Gordang Sambilan Sebagai Warisan Budaya Malaysia Pada Harian Waspada (Studi Analisis Wacana Kritis Pada Harian Waspada). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberitaan klaim Tari Tortor dan Gordang Sambilan sebagai warisan budaya Malaysia pada Harian Waspada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis (critical discourse analysis) yang diterapkan oleh Norman Fairclough yang menitikberatkan pada analisis teks, analisis intertekstual, dan analisis praktik sosial. Teks berita yang menjadi fokus penelitian ini adalah berita yang terbit di Harian Waspada edisi 18 sampai 22 Juni 2012. Dari delapan teks berita yang dianalisis, peneliti menemukan berbagai macam wacana yang dikembangkan Harian Waspada terkait pemberitaan klaim Tari Tortor dan Gordang Sambilan yang dilakukan Malaysia. Sebagian besar teks berita cenderung menampilkan berita negatif yang menyudutkan Malaysia sebagai pihak yang melakukan klaim. Artinya, Harian Waspada dalam memproduksi teks berita cenderung memposisikan diri sebagai bagian dari khalayak yang merasa dirugikan dengan klaim yang dilakukan Malaysia. Selain itu Harian Waspada sebagai media massa telah menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial yang menghasilkan kebijakan baru pemerintah dalam melestarikan budaya nasional.

Kata Kunci: Pemberitaan klaim Tari Tortor dan Gordang Sambilan, Harian Waspada, Analisis Wacana Kritis

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK