//

ANALISIS FILOGENETIK BERDASARKAN GEN RBCL DAN GEN MATK PADA SUKU DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER, ACEH TENGGARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nir Fathiya - Personal Name
SubjectDIPTEROCARPACEAE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prrogram Studi Magister Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Stasiun Penelitian Ketambe (SPK) merupakan salah satu Stasiun Penelitian di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang terletak di Kabupaten Aceh Tenggara. Salah satu kelompok tumbuhan yang ditemukan tumbuh di kawasan TNGL yaitu Dipterocarpaceae. Data mengenai kekerabatan jenis Dipterocarpaceae di kawasan SPK belum ada sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis filogenetik Dipterocarpaceae berdasarkan gen rbcL dan gen matK di Stasiun Penelitian Ketambe, TNGL. Penelitian ini dilaksanakan di SPK, TNGL, Aceh Tenggara dan Laboratorium Genetika Hutan dan Kehutanan Molekuler, Institut Pertanian Bogor. Penelitian dimulai pada bulan Juli 2015 sampai dengan Agustus 2016. Metode penelitian menggunakan metode kuadrat dengan purposive sampling dan eksperimen laboratorium yang terdiri atas ekstraksi DNA, PCR, elektroforesis, dan Sekuensing. Analisis data menggunakan program BioEdit, MEGA6, dan BLAST. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan identifikasi morfologi terdapat lima jenis Dipterocarpaceae yang ditemukan di kawasan tersebut yaitu Parashorea lucida, Shorea parvifolia, Hopea dryobalainoides, Shorea johorensis, dan Shorea lepidota. Hasil rekonstruksi pohon filogenetik berdasarkan gen rbcL menunjukkan bahwa Shorea johorensis, Shorea lepidota, dan Hopea dryobalainoides membentuk satu kelompok monofiletik karena memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat; Shorea parvifolia dan Parashorea lucida juga membentuk satu kelompok monofiletik karena keduanya memiliki hubungan kekerabatan lebih dekat. Hasil rekonstruksi pohon filogenetik berdasarkan gen matK menunjukkan bahwa Shorea johorensis dan Shorea parvifolia masing-masing membentuk kelompok monofiletik yang terpisah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEKERABATAN SUKU DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN KERAGAMAN MORFOLOGI ORGAN VEGETATIF DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER, ACEH TENGGARA (Agus Sara, 2016)

KAJIAN EKOLOGI PERMUDAANALAMI JENIS DIPTEROCARPACEAE DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER ACEH TENGGARA (Rizki Amelia, 2019)

ANALISA FILOGENETIK SUKU DIPTEROCARPACEAE BERDASARKAN GEN KLOROPLAS MATK MENGGUNAKAN ALGORITMA BAYESIAN INFERENCE (Mirna Yunita, 2015)

ANALISIS DAN REKONSTRUKSI POHON FILOGENETIK BERDASARKAN GENOM NUKLEUS DAN KLOROPLAS PADA FAMILIA DIPTEROCARPACEAE (Audina Yoeliarniza, 2017)

ESTIMASI POPULASI ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII LESSON, 1827) BERDASARKAN JUMLAH SARANG DI STASIUN PENELITIAN KETAMBE, TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER (NURLAILI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy