//

APLIKASI METODE SEISMIK REFRAKSI UNTUK INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI WILAYAH PANTAI ACEH BARAT (STUD KASUS: DESA SUAK SEUKEE DAN SUAK PANTE BREUH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INTAN MULIA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian menggunakan metode seismik refraksi di wilayah pantai Suak Seukee dan Suak Pante Breuh Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Tujuannya untuk menginvestigasi model bawah permukaan serta menginterpretasi struktur bawah permukaan. Data di lokasi penelitian diukur menggunakan peralatan seismograph PASI 24 channel dengan konsfigurasi moving source dimana pada satu lintasan pengukuran tersebut memiliki 7 point shot dengan jarak antar masing-masing geophone yang digunakan adalah 2.5 m dengan total jarak geophone sepanjang 57.5 m. Tahap selanjutnya dilakukan pengolahan data menggunakan software ZONDST2D dengan melakukan proses picking gelombang P sehingga diperoleh kurva travel time yang selanjutnya diterjemahkan menjadi penampang struktur bawah permukaan (litologi). Hasil interpretasi data di Desa Suak Seukee berdasarkan model perlapisan batuan bawah permukaan didapatkan tiga lapisan. Lapisan I tanah (top soil) dengan kecepatan penjalaran gelombang P 200-400 m/s, berada pada kedalaman 0-2 m dengan ketebalan lapisan 2 m. Lapisan II Pasir kering, lepas. Kecepatan penjalaran gelombang P 900-1300 m/s, berada pada kedalaman 2-8 m dengan ketebalan lapisan sedimen mencapai 6 m. Lapisan III pasir air jenuh, lepas. Kecepatan penjalaran gelombang P 1600-1900 m/s, berada pada kedalaman >8 m dengan ketebalan lapisan sedimen tidak dapat didefinisikan. Hasil interpretasi data di Desa Suak Pante Breuh juga didapatkan tiga lapisan. lapisan I tanah (top soil). Kecepatan penjalaran gelombang P 200-300 m/s, berada pada kedalaman 0-2 m dengan ketebalan lapisan 2 m. Lapisan II tanah bercampur pasir lepas. Kecepatan penjalaran gelombang P 400-600 m/s, berada pada kedalaman 2-8 m dengan ketebalan lapisan sedimen mencapai 6 m. Lapisan III pasir kering, lepas. Kecepatan penjalaran gelombang P 650-750 m/s, berada pada kedalaman >8 m dengan ketebalan lapisan sedimen tidak dapat didefinisikan. Kata Kunci: Seismik refraksi, picking, kurva travel time, model litologi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) DI AREA PESISIR KECAMATAN SAMATIGA, ACEH BARAT (Nelza Difia, 2017)

ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN TANAH MENGGUNAKAN METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW) DI TEPI PANTAI SUAK SEUKEE, SAMATIGA, ACEH BARAT (NURAINI, 2018)

APLIKASI METODE GEORADAR UNTUK ANALISIS LAPISAN SEDIMEN BAWAH PERMUKAAN DI SUAK SEUKE DAN SUAK PANTE BREUH, SAMATIGA, ACEH BARAT (Rio Indra Sakti Pasaribu, 2019)

ANALISIS GELOMBANG GESER (GELOMBANG S) MENGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DI DESA DATA MAKMUR BLANG BINTANG ACEH BESAR (Sudirman, 2017)

IDENTIFIKASI STRUKTUR DIBAWAH PERMUKAAN KOTA JANTHO ACEH BESAR BERDASARKAN KECEPATAN GELOMBANG PRIMER (VP) BATUAN SEBAGAI PENDUKUNG PEKERJAAN GOETEKNIK (Hendra Mahyudi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy