TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL “CINTA KALA PERANG” | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL “CINTA KALA PERANG”


Pengarang

Nanda Desia Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206102010037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Putri, Nanda Desia. 2016. Tindak Tutur Direktif dalam Novel “Cinta Kala Perang” Karya Masiadi Sambo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

(1) Azwardi, S.Pd., M.Hum., (2) Muhammad Iqbal, S.Pd., S.H., M.Hum.
Kata kunci: tindak tutur, tindak tutur direktif, novel
Penelitian ini berjudul “Tindak Tutur Direktif dalam Novel Cinta Kala Perang Karya Masriadi Sambo”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran tindak tutur direktif dalam novel Cinta Kala Perang karya Masriadi Sambo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif dalam novel Cinta Kala Perang karya Masriadi Sambo. Adapun Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Novel Cinta Kala Perang karya Masriadi Sambo dengan data penelitian berupa percakapan antartokoh dalam novel Cinta Kala Perang karya Masriadi Sambo. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat gambaran tindak tutur direktif dalam novel Cinta Kala Perang karya Masriadi Sambo. Adapun gambaran tersebut terdiri dari tindak tutur direktif memerintah (TTD memerintah), tindak tutur direktif memohon (TTD memohon), tindak tutur direktif menasihati (TTD menasihati), dan tindak tutur direktif menyarankan (TTD menyarankan). Dari keempat tindak tutur direktif tersebut diperoleh 42 data yang terdiri dari 24 data TTD memerintah, 10 data TTD memohon, 5 data TTD menasihati, dan 3 data TTD menyarankan. Dari 42 data yang telah dianalisis TTD memerintah merupakan TTD yang paling banyak ditemukan di dalam percakapan novel tersebut.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK