//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HUSNA - Personal Name
SubjectSTUDY METHOD OF
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Husna (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu pencapaian kurikulum yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk itu perlu adanya model pembelajaran yang tepat dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah model kooperatif tipe Think-Pair-Share. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model kooperatif tipe Think-Pair-Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Dengan populasi seluruh siswa kelas VIII, salah satu MTsS di Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik purposive sampling dari empat kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil riset menunjukkan bahwa secara keseluruhan penggunaan model kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, Pemecahan masalah matematis, Komunikasi matematis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 18 BANDA ACEH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (Rosalina, 2015)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (, 2014)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Rahmat, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy