PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE


Pengarang

HUSNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200160025

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Husna (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS)


Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu pencapaian kurikulum yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk itu perlu adanya model pembelajaran yang tepat dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah model kooperatif tipe Think-Pair-Share. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model kooperatif tipe Think-Pair-Share dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Dengan populasi seluruh siswa kelas VIII, salah satu MTsS di Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik purposive sampling dari empat kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil riset menunjukkan bahwa secara keseluruhan penggunaan model kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, Pemecahan masalah matematis, Komunikasi matematis

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK