FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI IBU HAMIL DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI IBU HAMIL DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH


Pengarang

Isnawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101010182

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Angka kematian ibu pada masa kehamilan dipengaruhi oleh faktor risiko antara lain faktor gizi selama kehamilan. Status gizi merupakan alat ukur keberhasilan dalam memenuhi nutrisi ibu hamil. Kekurangan gizi selama masa kehamilan memberi dampak pada ibu maupun janin yang dikandungnya. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi ibu hamil di Puskesmas Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu hamil dengan jumlah sampel 30 orang dengan teknik accidental sampling. Hasil uji korelasi antara tingkat pengetahuan terhadap status gizi sebesar 0,392 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,03 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara status kesehatan terhadap status gizi sebesar 0,474 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,008 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara sanitasi makanan terhadap status gizi sebesar 0,490 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,006 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara status ekonomi terhadap status gizi sebesar 0,397 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,03 (< 0,05). Hasil uji korelasi antara sosial budaya terhadap status gizi sebesar 0,507 dan nilai signifikasi yang diproleh sebesar 0,004 (< 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan, status kesehatan, sanitasi makanan, status ekonomi dan sosial budaya terhadap status gizi ibu hamil.


Kata Kunci : Status Gizi Ibu Hamil, Pengetahuan, Status Kesehatan, Sanitasi
Makanan, Status Ekonomi, Sosial Budaya

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK