POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA BUKESRA ULEE KARENG BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA BUKESRA ULEE KARENG BANDA ACEH


Pengarang

Asyuqah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1010102010011

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Pola komunikasi interpersonal guru dalam proses belajar mengajar di Sekolah
Luar Biasa (SLB) Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa
berkebutuhan khusus di dalam kegiatan belajar mengajar. Komunikasi
interpersonal dapat menciptakan keakraban dan kedekatan antara guru dan siswa
di kelas, karena dengan hubungan yang akrab, maka proses belajar mengajar akan
berjalan dengan lebih lancar. Pada penelitian ini akan membahas dan
menganalisis komunikasi interpersonal yang terjalin di dalam kelas SLB Ulee
Kareng.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka pola
komunikasi yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar di SLB Bukesra
Ulee Kareng. Pola komunikasi yang guru gunakan merupakan pola komunikasi
satu arah dan pola komunikasi dua arah. Pola komunikasi satu arah lebih
cenderung sering digunakan. karena pola komunikasi tersebut adalah pola
komunikasi yang lebih menunjang proses belajar antara guru dengan siswa. Pola
komunikasi satu arah merupakan pola komunikasi yang terjadi antara guru dengan
siswa SLB Bukesra Ulee Kareng, dimana hanya guru yang menyampaikan
sementara siswa hanya menerima, tanpa respon ataupun timbal balik dari siswa ke
guru. Sedangkan pola komunikasi dua arah ialah dimana antara guru dan siswa
saling berinteraksi, tetapi antara siswa dengan siswa lain tidak ada terjadinya
komunikasi atau interaksi.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Guru, Siswa, SLB Bukesra.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK