//

MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BAYYINAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fajri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fajri Nurul 2017, Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak llsia Dini melalui Kegiatan Bermain Peran di PAIJD Bayyinah Aceh Besar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1). Dr. Bahrun, M.Pd (2) Dra. Yuhasriati,M.Pd Kata kunci: Bermain Peran.Kecerdasan Sosial-Emosional, paud. Kecerdasan sosial emosional adalah kecerdasan yang diperoleh anak melalui interaksi dengan teman sebaya, baik dalam keluarga maupun disekolah, dengan dukungan orang dewasa.Bagaimana meningkatkan sosial emosional anak usia dini menjadi kajian dalam penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini di PAUD Bayyinah Kabupaten Aceh Besar.Penelitian ini menggunakan rancangan PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak yang berusia5-6 tahun, di kelas B di PAUD Bayyinah Kabupaten Aceh Besar tahun 2017, yang berjumlah 10 orang peserta didik,5 laki-laki dan 5 perempuan, data penelitian di kumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I anak yang belum muncul (BB) ada 7 orang anak, 2 orang anak mulai muncul (MM), kemampuan berkembang sesuai harapan menjadi 1 orang anak, dan yang berkembang sangat baik belum ada (BSB). Pada tindakan siklus yang ke II mengalami perkembangan yang sangat baik dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, yaitu; anak yang belum muncul (BM) tidak ada lagi 0,anak yang mulai muncul (MM) juga tidak ada lagi 0, sedangkan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) menjadi 2 orang anak, dan yang berkembang sangat baik (BSB) menjadi 8orang anak. Hasil akhir menunjukan perkembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini mencapai 80%. Menunjukan bahwa melalui kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasansosia! emosioanal anak usia dini, salah satunya dilakukan dengan kegiatan bermain peran, setelah dilakukan tindakan pada 2 siklus dinyatakan telah berhasil, diperoleh hasil dari kemampuan sosial emosional anak sudah mulai meningkat dengan kegiatan bermain peran anak sudah mulai bertanggung jawab, mengendalikan diri, serta bermin bersama dengan teman, berkomunikasi dengan baik dengan teman dan guru. Developing Emotional Social Intelligence of Early Childhood through Role Playing Activities in Early Childhood Bayyinah Aceh Besar Nurul 1, Bahrun2 ,Yuhasriati3. Early Childhood education program syiah kuala university Banda Aceh, emaill: Fairinuailfairi2016@amail.com email2: Bahrun 1959@»mai 1 com email3: Yuhasriati@unsviah.ac.id ABSTRACT Fajri Nurul 2017, Developing Emotional Social Intelligence of Early Childhood through Role Playing Activities in Early Childhood Bayyinah Aceh Besar. Thesis Department of Early Childhood Teacher Education, Teacher Training Faculty of Syiah Kuala University, Advisor: (1). Dr. Bahrun, M.Pd (2) Dra.Yuhasriati,M.Pd Keywords: Role Playing, Social-Emotional Intelligence, paud. Emotional social intelligence is the intelligence that a child acquires through interaction with peers, both in the family and in school, with adult support. How to improve early social emotional childhood into study in this study, this study aims to determine the development of emotional social intelligence of early childhood in early childhood Bayyinah Aceh Besar District, his study used the design of PTK (classroom action research) which was carried out in 2 cycles. The subjects of this study were children aged 5-6 years old, in grade B in Bayyinah District, Aceh Besar District in 2017, consisting of 10 students, 5 men and 5 women, research data collected through observation and performance. The results showed that in the first cycle of children who have not appeared (BB) there are 7 children, 2 children begin to appear (MM), the ability to grow as expected to be 1 child, and that is very well developed yet (BSB). In the second cycle action has a very good development compared with previous research, namely; children emerging (BM) no longer 0, the emerging child (MM) is also no longer 0, whereas the child who develops as expected (BSH) becomes 2 children, and who develops very well (BSB) into 8 children. The end result shows the development of emotional social ability of early child reach 80%. shows that through learning activities to develop early childhood emotional social intelligence, one of which is done with role playing activities, after the action on 2 cycles has been declared successful, the results obtained from the emotional social ability of children has begun to increase with the role play activities of children have started to be responsible, self-controlling, and sharing with friends, communicating well with friends and teachers.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD MADANI BANDA ACEH (Naziratul Husna, 2019)

MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BAYYINAH KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Fajri, 2018)

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF DI PAUD IT MINA KABUPATEN ACEH BESAR (Ira Rahayu, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Ramadhani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy