//

PENGARUH AMPAS TAHU SEBAGAIPAKAN ALTERNATIF DALAM RANSUM TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang novita - Personal Name
SubjectCHICKENS-ZOOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Ampas Tahu, Ransum, Ayam Broiler, Pertambahan Bobot Badan Penelitian yang berjudul “Pengaruh Ampas Tahu sebagai Pakan Alternatif dalam Ramsum Terhadap Pertambahan Bobot Badan Ayam Broiler” telah dilaksanakan. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 01 November sampai dengan 01 Desember 2013 di Kandang Hewan Percobaan Jurusan Peternakan-Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ampas tahu sebagai pakan alternatif terhadap pertambahan bobot badan ayam broiler. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen RAL dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Konsentrasi perlakuan dalam penelitian yaitu P0=0g ampas tahu (kontrol), P1=2g ampas tahu, P2=4g ampas tahu, P3=6g ampas tahu dan P4=8g ampas tahu. Parameter penelitian ini adalah pertambahan bobot badan ayam broiler. Data dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian selama 31 hari diperoleh bahwa dari 5 perlakuan, semuanya mengalami pertambahan bobot badan, hanya pada perlakuan ke 5 (P4 konsentrasi 8g ampas tahu) pertambahan bobot badan ayam menurun (323,31 g) bila dibandingkan dengan P1, P2, dan P3. Pertambahan bobot badan pada P0 konsentrasi 0g ampas tahu (317,31 g) lebih rendah bila dibandingkan dengan perlakuan yang diberikan ampas tahu (P1, P2, P3, dan P4). Kesimpulan dari penelitian ini, pemberian ampas tahu memberi pengaruh pada pertambahan bobot badan ayam broiler. Pada konsentrasi 6g ampas tahu menunjukan pertambahan optimal bobot badan ayam broiler.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN PLIEK U DALAM RANSUM RNTERHADAP BERAT BADAN, KONSUMSI RANSUM RNDAN KONVERSI RANSUM AYAM BROILER (M. SUNNI, S. KH, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG LIMBAH KOPI SEBAGAI PAKAN TAMBAHAN TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER (Risa Quine B , 2015)

ANALISIS EKONOMI PEMELIHARAAN AYAM KAMARAS JANTAN DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI TEPUNG AMPAS TAHU + TEPUNG KULIT TELUR + FEED SUPPLEMENT (Murniati, 2016)

PENGGUNAAN PAKAN FERMENTASI, PROBIOTIK, DAN TEPUNG INDIGOFERA (INDIGOFERA TINCTORIA) TERHADAP PERTUMBUHANAYAM BROILER (Sri Mulyana, 2014)

ANALISIS USAHA PEMELIHARAAN AYAM “ KALASAN” DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI DENGAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN SUPLEMENTASI PROBIOTIK DAN ACIDIFIER (ZULFIZAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy