//

TOLERANSI DALAM MASYARAKAT ACEH TENGGARA (STUDI FENOMENOLOGIS PENGALAMAN KELUARGA TERHADAP TOLERANSI DI DESA TANOH MEGAKHE DAN DESA TANAH MERAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI SRI MALA MP - Personal Name
SubjectANTHROPOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aceh tenggara merupakan daerah dengan penduduk paling beragam di provinsi Aceh, salah satunya di desa Tanah Merah dan Tanoh Megakhe. Keragaman budaya yang berasal dari perbedaan etnis dan agama menjadi kekayaan adat yang dimiliki masyarakat Aceh Tenggara, tidak ada konflik besar yg lahir dari perbedaan ini. Tujuan dari penelitian ini ialah ingin mengetahui pengalaman keluarga dalam menghadapi setiap perbedaan yang ada dalam masyarakat majemuk di sekelilingnya. Penelitian ini menggunakan teori asimilasi yang dikemukakan oleh Milton M Gordon sebagai alat untuk menganalisis pola interaksi yang baik dalam masyarakat majemuk hingga akhirnya interaksi yang baik tersebut dikenal sebagai toleransi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah fenomenologis dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 keluarga dari berbagai latar belakang, 2 kepala desa dari Desa Tanah Merah dan Tanoh Megakhe dan 2 tokoh Agama. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dalam masyarakat yang multikultural, penerimaan terhadap budaya baru diterima dengan baik oleh masyarakat itu sendiri, hal ini terbukti dalam 8 keluarga yang selama ini mengaplikasikan interaksi yang baik dalam masyarakat. (2) meelalui beberapa indikator terhadap pengalaman keluarga, terbentuknya interaksi yang baik dalam setiap keluarga mencerminkan adanya nilai toleransi dalam setiap keluarga tersebut, dimana masyarakat sekitar juga memberikan respon yang sama terhadap penerimaan. Kata kunci: keluarga, toleransi dan masyarakat multikultural.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SIKAP PETANI PADI SAWAH DALAM MENGHADAPI RISIKO DI KECAMATAN BLANG BINTANG (Alisyahbana Siregar, 2018)

ANALISIS TINGKAT TOLERANSI PETANI CABAI MERAH TERHADAP RISIKO USAHATANI DI KABUPATEN ACEH TENGAH, ACEH BESAR, PIDIE JAYA DAN ACEH TIMUR (Mira Musdaliyani, 2019)

POLA ASUH ANAK KELUARGA PETANI (STUDI KASUS DI GAMPONG ULEE TANOH KECAMATAN TANAH PASIR KEBUPATEN ACEH UTARA) (ahmad muhajir, 2014)

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SMA NEGERI 1 TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (Mariati, 2016)

REPRESENTASI TOLERANSI BERAGAMA MENURUT PANDANGAN ISLAM DALAM SERIAL ANIMASI UPIN DAN IPIN (ANALISIS SEMIOTIKA EPISODE BERJUDUL “GONG XI FA CAI” DAN “DUGAAN RAMADHAN”) (Maulizan Hidayat, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy