MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Dila Fazilah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104210008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fazilah, Dila. 2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Permainan
Plastisin di PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuuk Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

(1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Hijriati, M.Pd.I

Kata Kunci : Kreativitas, Permainan Plastisin.

Kreativitas merupakan kemampuan dalam menghasilkan sesuatu yang baru dan ide-ide baru. Kajian dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui permainan plastisin di PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuuk Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui permainan plastisin di PAUD Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak, peneliti menstimulasi anak terlebih dahulu dengan memberikan contoh kemudian anak membuat berbagai macam bentuk sesuai dengan apa yang diinginkan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 8 orang yang terdiri atas 7 orang perempuan dan seorang laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Penelitian ini memfokuskan pada kreativitas melalui permainan plastisin yaitu kelancaran dalam berkreativitas, orisinalitas, dan membuat berbagai macam bentuk dengan menggunakan plastisin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak usia dini melalui permainan plastisin pada siklus I, anak yang belum berkembang hanya seorang, mulai berkembang 6 orang, berkembang sesuai harapan seorang. Siklus II mengalami peningkatan yaitu anak yang mulai berkembang 2 orang, berkembang sesuai harapan 3 orang dan berkembang sangat baik 3 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah permainan plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Sebaiknya untuk meningkatkan kreativitas anak, guru dapat mengoptimalkan permainan plastisin kepada anak sejak usia dini.

ABSTRACT
Fazilah, Dila. 2017. Improving Early Age Children Creativity through Plasticine Toy in PAUD Nurul Hidayah Lampuuk village, Sub-District Darussalam, Aceh Besar Regency. Thesis, Department of Early Childhood Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education. University of Syiah Kuala.
Counselor:

(1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Hijriati, M.Pd.I

Keywords : Crativity, Plasticine Toy.

Creativity is an ability to create new things and new ideas. The study in this research is how to improve the creativity of early age children through plasticine toy in PAUD Nurul Hidayah Lampuuk Village, Sub-District Darussalam, Aceh Besar Regency. The purpose of this study is to find the improvement of early age children creativity through plasticinetoy in PAUD Nurul Hidayah. This research uses qualitative descriptive method with classroom action research approach completed in 2 cycles. The aim of this study is to improve the creativity of children, first the researcher stimulates the children by giving examples and then the children make a variety of shapeas they desired. Subject in this study were group B children amounted to 8 people consistedof 7 female and a male. The data were collected through observation and performance. This research focuses on creativity through plasticine toy which is smoothness in creativity, originality, and makes various forms by using plasticine toy. The results showed that early age children creativity through plasticine toy in cycle I, an undeveloped child only one, began to develop 6 people, and one developed as expectation. There are improvements in cycle II which is children who began to develop 2 people, developed as expectation 3 people and developed very good 3 people. The conclusion in this study is plasticine toy can improve the creativity of early age children. It is better for teacher to improve children's creativity by using of plasticine toy to children from an early age.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK