//

APLIKASI MODEL PEMELAJARAN KOOPERATIF TIPE (THINK-PAIR-SHARE) PADA MATERI PERKALIANBILANGAN DI KELAS II SD NEGERI 33 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Devi Indrayani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
THINK-PAIR-SHARE TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, perkalian bilangan Matematika adalah ilmu pengetahuan yang terbentuk dari hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan bernalar. Perkalian merupakan ruang lingkup dari matematika yang masih tergolong sukar bagi siswa, hal ini disebabkan guru masih belum menerapkan model pembelajaran di kelas. Akibatnya, kelas menjadi tidak menyenangkan, siswa hanya menerima pelajaran matematika secara pasif. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Penelitian yang berjudul “Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II SD Negeri 33 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa melalui aplikasi model pembelajaran kooperatif Tipe TPS pada materi perkalian bilangan dapat mencapai ketuntasan di kelas II SD Negeri 33 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui aplikasi model pembelajaran kooperatif Tipe TPS pada materi perkalian bilangan di kelas II SD Negeri 33 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 33 Banda Aceh tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 36 orang yang juga merupakan populasi dalam penelitian ini (total sampling). Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu dengan design one-shot case study. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui tes dari materi yang telah dipelajari untuk mengukur kemampuan siswa, tes dilakukan dengan postes. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat mencapai ketuntasan belajar siswa, taraf signifikan α = 0,05 dan, dk = 35. Dari hasil tersebut diperoleh t_(0,95(35)) = 1,69 karena t_hitung > t_tabel yaitu 7,43 > 1,69, sehingga H_o ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi: “hasil belajar siswa melalui aplikasi model pembelajaran TPS pada materi perkalian bilangan di kelas II SD Negeri 33 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan”, dapat diterima.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE APPLICATION OF THINK PAIR SHARE MODEL TO IMPROVE STUDENT'S SPEAK ING ABILITY (Fira Maulida, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN SUMBER DAYA EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)RNDI SMP NEGERI 1 PANGA (Nurdiana, 2014)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SDN 2 BANDA ACEH (Fatma Zuhra, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy