//

PENGEMBANGAN KABUPATEN TERTINGGAL SELAMA KEPEMIMPINAN GUBERNUR ACEH ZAINI ABDULLAH (STUDI PENELITIAN KABUPATEN ACEH SINGKIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhardiansyah - Personal Name
SubjectLOCAL GOVERNMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muhardiansyah 2018 PENGEMBANGAN KABUPATEN TERTINGGAL SELAMA KEPEMIMPINAN GUBERNUR ACEH ZAINI ABDULLAH (STUDI PENELITIAN KABUPATEN ACEH SINGKIL) Universitas Syiah Kuala Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Radhi Darmansyah, M.Sc) Aceh Singkil merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah terujung pantai Barat-Selatan Aceh. Wilayah Aceh Singkil berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara. Jarak tempuh dari Aceh Singkil ke Banda Aceh adalah sejauh 15 jam perjalanan menggunakan transportasi darat. Jauhnya jarak kabupaten Aceh Singkil dengan Provinsi Aceh menjadi satu indikasi besar dalam ketertingalan pembangunan Kabupaten Aceh Singkil sendiri. Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019 yang menetapkan wilayah Singkil sebagai daerah tertinggal dan termiskin. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan apa saja yang telah diambil oleh Pemerintah Aceh dalam mempercepat pembangunan daerah tertinggal khusnya Kabupaten Aceh Singkil dan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dalam membangun daerahnya dan faktor apa saja yang menghambat percepatan pembangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang berlandaskan deskriptif, penelitian kualitatif deskriptif adalah melibatkan kegiatan ontologis. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, kalimat atau gambar yang memiliki arti lebih daripada sekedar angka atau frekuensi. Peneliti menekankan catatan yang menggambarkan situasi sebenarnya guna mendukung penyajian data. Jadi dalam mencari pemahaman riset kualitataif tidak memotong halaman ceritera dan data lainnya dengan simbolsimbol angka. Hasil penelitian menununjukan bahwa Kabupaten Aceh Singkil merupakan Kabupaten yang tertinggal, dilihat dari segi pembangunan dan perekonomian masyarakat setempat yang masih sangat jauh dari kata layak. Naumun pasca penetapan Presiden Republik Indonesia tentang daerah-daerah tertinggal yang ada di Indonesia, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil telah melakukan berbagai macam upaya untuk mendorong percepatan pembangunan daerah tersebut selama kepemimpinan Gubernur Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. Diharapkan kepada Pemerintah Aceh harus mengefaluasi setiap tahunnya pembangunan sosial ekonomi masyarakat Aceh Singkil, agar kekurangan-kekurangan dalam membangun Aceh Singkil bisa disarankan kepada Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Aceh Singkil harus memiliki program-program yang berperan Aktif dalam mendorong perekonomiaan masyarakat. Kata Kunci: Pemerintahan, Aceh Singkil, Ketertinggalan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN ZAINI ABDULLAH-MUZAKIR MANAF DALAM PEMERINTAHAN ACEH (FIRRYATIL JANNAH, 2016)

PERPECAHAN PARTAI ACEH DALAM MENGHADAPI PILKADA TAHUN 2017 (STUDI PENCALONAN ZAINI ABDULLAH SEBAGAI GUBERNUR MELALUI JALUR INDEPENDEN) (Rahmad Ramadhan Oe, 2017)

PENGARUH KOMPETENSI PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN, REGULASI DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KABUPATEN SIMEULUE (Kuasa, 2016)

KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH SINGKIL DALAM SEKTOR PARIWISATA (DEWI KUMALA SARI, 2020)

ANALISIS KUALITAS PERAIRAN BERDASARKAN PARAMETER LOGAM CU DAN CD PADA SEDIMEN DI SUNGAI SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Saidin Isnaini Anak Ampun, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy