//

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN PADI GOGO, JAGUNG, KEDELAI, DAN KACANG TANAH PADA LAHAN KERING DI KECAMATAN JANTHO, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendra Saputra - Personal Name
SubjectPEANUTS
SOILS-AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Luas lahan dataran di Indonesia lebih kurang 200 juta hektar dan luas lahan kering 150 juta hektar. Hampir seluruh daratan Indonesia setelah dikurangi lahan basah (sawah dan rawa) lahan kering yang berpotensi sebagai areal pertanian diperkirakan mencapai 104 juta hektar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian lahan untuk tanaman padi gogo, jagung, kedelai dan kacang tanah pada lahan kering. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan metode survai deskriptif yang didasarkan pada satuan peta lahan. Satuan peta lahan diperoleh dari hasil tumpang tindih (overlay) peta jenis tanah, peta kelerengan dan peta penggunaan lahan. Hasil (overlay) tersebut yang menjadi referensi untuk menentukan kelas kesesuaian lahan. Hasil evaluasi kesesuaian lahan tanaman padi yaitu (S2-nr,eh,lp) cukup sesuai dengan faktor pembatas utama kejenuhan basa (KB) dan C-organik rendah, bahaya erosi dan kelerengan 8-15% dan (S3-nr,eh) sesuai marginal dengan faktor pembatas utama C-organik sangat rendah dan kelerengan 15-25%. Kesesuaian lahan tanaman jagung yaitu (S2-nr,eh) cukup sesuai dengan faktor pembatas utama KB rendah dan bahaya erosi dan (S3-nr,eh) sesuai marginal dengan faktor pembatas utama KB sangat rendah dan kelerengan 15-25%. Kesesuaian lahan tanaman kedelai yaitu (S2-nr,eh,lp) cukup sesuai dengan faktor pembatas utama kapasitas tukar kation (KTK), KB, C-organik yang rendah dan kelerengan 8-15% dan (S3-eh) sesuai marginal dengan faktor pembatas utama kelerengan 15-25%. Kesesuaian lahan tanaman kacang tanah yaitu (S2-nr,eh,lp) cukup sesuai dengan faktor pembatas utama KTK, KB, pH, C-organik yang rendah dan batuan di permukaan 5-15% dan (S3-nr,eh) sesuai marginal dengan faktor pembatas utama KB sangat rendah dan kelerengan 15-25%. Kata kunci : lahan kering, evaluasi lahan, kimia tanah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH DAN SERAPAN HARA TANAMAN JAGUNG, KEDELAI, KACANG TANAH AKIBAT PEMBERIAN MULSA JAGUNG MANIS DAN PUPUK NPK PADA ULTISOL (RIZSKYWAN PURNAMA, 2019)

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) DAN RAMBUTAN (NEPHELIUM LAPPACEUN LINN.) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Agus Ramadhan , 2016)

EVALUASI TINGKAT KESESUAIAN LAHAN GAMBUT SEBAGAI ALTERNATIF PENGEMBANGAN TANAMAN PANGAN DI KECAMATAN KOTA SUBULUSSALAM (BINHAR, 2019)

PENGARUH INOKULASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERR) PADA BERBAGAI INTERVAL PENYIRAMAN DI TANAH ULTISOL (Agustinus F Jawak, 2019)

EKSPLORASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR PADA LAHAN KERING MASAM JANTHO ACEH BESAR (Khairunnas, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy