//

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misna Hanum - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hanum, Misna. 2018. Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Som-Som Aneuk Di PAUD Nurul Hidayah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Permainan Som-som Aneuk. Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan seseorang dalam berinteraksi dan memahami perasan orang lain, fokus kecerdasan interpersonal melalui permainan som-som aneuk yaitu kemampuan berinteraksi anak dalam memahami aturan, bermain dengan teman sebaya dan bekerjasama. Bagaimana mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui permainan tradisional som-som aneuk di PAUD Nurul Hidayah menjadi kajian dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui permainan som-som aneuk di PAUD Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B, berjumlah 8 orang yang terdiri atas 2 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja, dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal peneliti menstimulasi dan memotivasi anak dengan memberikan contoh cara bermain som-som aneuk, lalu anak bermain sesuai dengan aturan yang diperkenalkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak melalui permainan som-som aneuk pada siklus I, anak yang mulai berkembang berjumlah 3 orang, berkembang sesuai harapan berjumlah 2 orang dan berkembang sangat baik berjumlah 3 orang. Perkembangan kecerdasan interpersonal siklus II, anak yang mulai berkembang berjumlah seorang, berkembang sesuai harapan berjumlah seorang dan berkembang sangat baik berjumlah 6 orang. Disimpulkan bahwa melalui permainan som-som aneuk dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Sebaikya untuk mengoptimalkan perkembangan anak, guru dapat memperkenalkan permainan-permainan tradisional lainnya kepada anak sejak usia dini. ABSTRACT Hanum, Misna. 2018. Developing Interpersonal Intelligence of Early Age Children through Traditional Game Som-Som Aneuk in PAUD Nurul Hidayah Sub-District Darussalam, Aceh Besar Regency. Thesis, Department of Early Childhood Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education. University of Syiah Kuala. Counselor: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd. Keywords: Interpersonal Intelligence, Game Som-som Aneuk. Interpersonal intelligence is someone’s ability to interact and understand someone else feeling, the focus of interpersonal intelligence through the game som-som aneuk is the children’s interactions ability in understanding the rules, playing with friends of the same age and working together. How to developing early age children interpersonal intelligences through the traditional game som-som aneuk in PAUD Nurul Hidayah became a study in this research. The purpose of this research is to determine the interpersonal intelligences development of early age children through the game som-som aneuk in PAUD Nurul Hidayah. This study used classroom action research approach which is conducted in 2 cycles. The subjects of this study were children of group B, amounted to 8 people consisted of 2 male and 6 female. Data collected through observation and performance, in developing interpersonal intelligence, researcher stimulate and motivate the children by giving examples of how to play som-som aneuk, and then children play according to the rules given. The results showed that the children’s interpersonal intelligences through the game som-som aneuk in cycle I, children who began to grow amounted to 3 people, developed as expected amounted to 2 people and developed very well amounted to 3 people. The development of interpersonal intelligence in cycle II, children who began to grow amounted to one people, growing as expected amounted to one peple and growing very well amounted to 6 people. It was concluded that through the game som-som aneuk could develop early age children’s interpersonal intelligences. It is better for teacher to optimize the children development by introduce other traditional games to the children from an early age.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ULAR NAGA DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (SITI HARDIANTI, 2019)

MENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD NURUH HIDAYAH TUNGKOP ACEH BESAR (Nurdiatun Afzaniah, 2019)

PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI DI PAUD IT-HAFIZUL ‘ILMI KABUPATEN ACEH BESAR (MARISA SARDI, 2019)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN “KUCING DAN TIKUS” DI TK IT BAITUN NADA GAMPONG RAPANA KABUPATEN PIDIE (SYIFA NISRINA, 2020)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Wirra Arrahmah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy