//

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS TERHADAP PRODUKTIVITAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) DI LAHAN KERING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dasril Adami - Personal Name
SubjectDRY FARMING
FERTILIZATION (BIOLOGY)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak. Kompos merupakan bahan organik yang dapat dimanfaatkan sebagai penambah unsur hara di dalam tanah, yang mempunyai fungsi untuk memperbaiki sifat-sifat fisika, kimia, dan biologi tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas beberapa varietas padi (Oryza sativa L.) di lahan kering akibat pemberian pupuk kompos. Metode Penelitian yang digunakan adalah rancangan petak terpisah (split plot design) 2 x 3 dengan 3 ulangan, dimana petak utama terdiri dari 2 taraf yaitu, tanpa kompos dan pupuk kompos 20 ton/ha. Sedangkan anak petak terdiri dari 3 taraf yaitu, varietas Towuti, Sipulo dan Sigupai. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pemberian kompos berpengaruh nyata pada peubah tinggi tanaman umur 6, 7, dan 8 minggu setelah tanam (MST), anakan produktif dan berat gabah berisi per rumpun. Kompos terbaik dijumpai pada pemberian pupuk kompos 20 ton/ha. Sedangkan perlakuan varietas berpengaruh nyata pada peubah tinggi tanaman umur 4 minggu setelah tanam (MST),umur berbunga, umur panen dan panjang malai. Varietas terbaik dijumpai pada varietas Towuti. Kata kunci : Kompos, Oryza sativa L.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBERIAN LIMBAH PANEN PADI SEBAGAI PEMBENAH TANAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI PADI LOKAL DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (OMI WAHYUNI KASARI, 2021)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS JERAMI TERHADAP PERTUMBUHAN DUA VARIETAS PADI GOGO (ORYZA SATIVA L.) PADA TANAH ULTISOL (Faridah, 2019)

PENGARUH PUPUK ORGANIK DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN, EFISIENSI PRODUKSI DAN SERAPAN N, P, K KACANG TANAH PADA LAHAN KERING TANAH VERTIC UTRUDEPT (Sri Mulyani, 2018)

PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH DAN PENINGKATAN PRODUKSI PADI (ORIZA SATIVA L.) SAWAH TADAH HUJAN MELALUI KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Elvi Rayana, 2020)

KERAGAAN PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (ZEA MAYS L.) AKIBAT KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK PADA LAHAN KERING (NURLAILI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy