//

KEEFEKTIFAN CENDAWAN ENTOMOPATOGEN METARHIZIUM ANISOPLIAE (METSCH) SEBAGAI BIOINSEKTISIDA TERHADAP KEPIK HIJAU (NEZARA VIRIDULA L.) PADA STADIA PERKEMBANGAN YANG BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AHMAD ALWI AZHARI - Personal Name
SubjectFUNGICIDES - AGRICULTURAL USE
LEPIDOPTERA - AGRICULTURAL PESTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Nezara viridula (L.) adalah serangga hama (ordo Hemiptera: famili Pentatomidae) bersifat kosmopolit. Hama ini mempunyai banyak tanaman inang (polifagus) yang memiliki tanaman inang antara lain kacang-kacangan, kubis-kubisan, jeruk, mangga, tomat, padi dan lain-lain. Serangan hama ini dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil tanaman. Salah satu metoda pengendalian hama yang ramah lingkungan yaitu penggunaan cendawan entomopatogen. Metarhizium anisopliae merupakan salah satu cendawan entomopatogen yang berpotensi sebagai pengendalian hayati pada serangga hama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi yang efektif dari cendawan M. anisopliae serta stadia perkembangan serangga yang paling rentan terhadap cendawan M. anisopliae. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Hama Tumbuhan Program Studi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dan Laboratorium UPTD Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan April sampai dengan Juli 2017. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 9 perlakuan dan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 27 unit percobaan dan ditambah 3 perlakuan kontrol. Peubah yang diamati meliputi simtomatologi cendawan M. anisopliae pada N. viridula, masa inkubasi N. viridula (hari), mortalitas N.viridula (%), persentase penghambatan makan (%) dan waktu kematian (hari). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi cendawan entomopatogen M. anisopliae berpengaruh nyata terhadap masa inkubasi, mortalitas, persentase penghambatan makan dan waktu kematian dari N. viridula. Masa inkubasi tercepat pada 8g/ 100 ml yaitu 1,33 hari dan terlama pada 4g/ 100 ml yaitu 1,44 hari. Masa inkubasi tercepat pada nimfa instar 2 yaitu 1,00 hari dan terlama pada imago yaitu 2,11 hari. Mortalitas tertinggi yaitu pada 8g/ 100 ml sebesar 97,67% dan terendah pada 4g/ 100 ml sebesar 87,78%. pengamatan 8 HSA. Mortalitas tertinggi terjadi pada nimfa instar 2 sebesar 98,89% dan terendah pada imago sebesar 86,67% pengamatan 8 HSA. Persentase penghambatan makan tertinggi terdapat pada 8g/ 100 ml sebesar 59,59% dan terendah pada 4g/ 100 ml sebesar 34,77%. Persentase penghambatan makan tertinggi terdapat pada nimfa instar 2 sebesar 53,14% dan terendah pada imago sebesar 39,84%. Waktu kematian tercepat pada perlakuan 8g/ 100 ml sebesar 4,49 hari dan terendah pada perlakuan 4g/ 100 ml sebesar 5,50 hari. Waktu kematian tercepat pada nimfa instar 2 sebesar 4,31 hari dan terendah pada imago sebesar 6,00 hari. Cendawan entomopatogen M. anisopliae efektif dalam mengendalikan N. viridula pada nimfa instar 2 dengan konsentrasi 8g/ 100 ml.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KERAPATAN KONIDIA METARHIZIUM ANISOPLIAE ISOLAT TANGSE SEBAGAI BIOTERMITISIDA TERHADAP HAMA RAYAP SECARA IN-VITRO (Heri Safrijal, 2017)

PENGARUH PUPUK KOMPOS PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SERTA TINGKAT SERANGAN KEPIK HIJAU (NEZARA VIRIDULA L) (rahmad hidayat, 2015)

UJI KEPEKAAN BERBAGAI INSTAR NIMFA KEPIK HIJAU (NEZARA VIRIDULA L.) AKIBAT PERLAKUAN INSEKTISIDA DELTAMETRIN (irhamsyah, 2015)

UJI KEEFEKTIFAN CENDAWAN BEAUVERIA BASSIANA TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN CROCIDOLOMIA PAVONANA F.RN(LEPIDOPTERA : PYRALIDAE) (Rasmini Yanti, 2015)

EKSPLORASI CENDAWAN ENTOMOPATOGEN ISOLAT LOKAL UNTUK PENGENDALIAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) SERTA STUDI KERUSAKAN KUALITAS KOPI AKIBAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (Olyfia Rosalina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy