//

KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUZAKIATI - Personal Name
SubjectINDONESIAN LANGUAGES - GRAMMAR
DESCRIPTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Kata Penghubung, Karangan Deskripsi. Penelitian ini berjudul “Kemampuan Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 48 siswa, yang terdiri atas 2 kelas dengan rincian kelas Va sebanyak 24 siswa dan kelas Vb sebanyak 22 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 13 laki-laki dan 9 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh menyelesaikan tugas menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi adalah 69. Berdasarkan kategori nilai yang menjadi acuan penelitian ini, nilai rata-rata 69 berada pada kategori lebih dari cukup. Dengan demikian, kemampuan rata-rata siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014 menyelesaikan tugas menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi berdasarkan hasil penelitian tergolong lebih dari cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mampu menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi sebanyak 14 siswa dengan persentase sebanyak 63,63% dan siswa yang tidak mampu menggunakan kata penghubung sebanyak 8 siswa dengan persentase yaitu 36,36%. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan kemampuan siswa menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi pada jenjang sekolah dasar dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui penelitian ini, umpamanya penggunaan bahasa dan ejaan dalam menulis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MENGARANG KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI SISWA KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Ade Anggraini Fahmal, 2019)

UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS IV SDN 46 BANDA ACEH (Khatami Gunawan, 2019)

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH MENULIS KARANGAN NARASI DALAM BAHASA ACEH (MUSTABSYIRAH, 2015)

UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Cut Adelina, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy