//

PENGARUH DOSIS KOMPOS JERAMI DAN PEMANGKASAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (CUCUMIS SATIVUS L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Amsar - Personal Name
SubjectCOMPOST
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis kompos jerami dan pemangkasan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun sehingga dapat menghasilkan pupuk yang ekonomis dan berproduksi tinggi untuk penanaman mentimun serta interaksi kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Dan Laboratorium Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh. Penelitian berlangsung pada bulan Agustus 2017 sampai dengan Oktober 2017. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak (RAK) Kelompok pola faktorial 4 x 3 dengan 3 ulangan yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu dosis kompos jerami yang terdiri dari 4 taraf : 0, 10, 20 dan 30 ton/ha, sedangkan faktor kedua yaitu pemangkasan yang terdiri dari 3 taraf : tanpa pemangkasan, pemangkasan tunas pada ruas 1-5 dan pemangkasan tunas ruas 6-10. Pengamatan yang diteliti yaitu panjang tanaman, umur berbunga, jumlah bunga betina, diameter buah, jumlah buah pertanaman, panjang buah, berat buah pertanaman, berat per buah dan potensi hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosis kompos jerami berpengaruh sangat nyata terhadap diameter buah dan berpengaruh nyata terhadap berat per buah mentimun. Dosis terbaik pada hasil tanaman mentimun dijumpai pada perlakuan dosis kompos jerami 30 dan 20 ton/ha. Pada faktor pemangkasan berpengaruh sangat nyata terhadap panjang tanaman 21 HSPT dan 28 HSPT serta berpengaruh nyata terhadap jumlah bunga betina, panjang buah, berat buah per tanaman, berat per buah dan potensi hasil. pemangkasan terbaik pada pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun dijumpai pada perlakuan tanpa pemangkasan dan pemangkasan tunas pada ruas 6-10.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK BUAH TIMUN SURI (CUCUMIS SATIVUS L.) SEBAGAI ANTIBAKTERI ALAMI DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (LUDYA HERAWATI BR T, 2017)

PENGARUH DOSIS KOMPOS DAN PEMANGKASAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (ABELMOSCHUS ESCULENTUS L. MOENCH) (Syarifah Silma Agusti, 2019)

ANALISIS TOTAL FLAVONOID DAN VITAMIN C PADA BERAGAM JENIS MENTIMUN (CUCUMIS SATIVUS L) DAN MINUMAN JELI MENTIMUN (Azis, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS DAN PEMANGKASAN TERHADAP KOMPONEN HASIL KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (Yuvi Zazunar, 2014)

PENGARUH BLOTONG DAN KOMPOS JERAMI PADI TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH, SERAPAN HARA SERTA PERTUMBUHAN JAGUNG ( ZEA MAYS L. ) PADA ANDISOL (SUBHAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy