//

PERBANDINGAN ONSET DAN SEDASI KETAMIN-XYLAZIN, KETAMIN-DIAZEPAM, DAN ZOLAZEPAM-TILETAMIN PADA KUCING LOKAL ( FELIS DOMESTICA) JANTAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUNASIR M YUSUF - Personal Name
SubjectCATS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAH HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

PERBANDINGAN ONSET DAN SEDASI KETAMIN-XYLAZIN, KETAMIN-DIAZEPAM, DAN ZOLAZEPAM-TILETAMIN PADA KUCING LOKAL (Felis domestica) JANTAN ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan onset dan sedasi pada kucing jantan lokal (Felis domestica) yang dianestesi dengan ketamin-xylazin, ketamin-diazepam, dan zolazepam-tiletamin (zoletil) secara intramuskular. Penelitian menggunakan 9 ekor kucing yang diadaptasi selama 2 minggu dan secara klinis dinyatakan sehat. Kucing dibagi menjadi tiga perlakuan, masing-masing perlakuan terdiri atas tiga kucing. Seluruh kucing dipuasakan selama 8-12 jam dan diberikan premedikasi atropin sulfat (0,02 mg/kg berat badan) secara subkutan 10 menit sebelum pemberian anestesi. Perlakuan I (K1) diinjeksi ketamin (10 mg/kg bb) dengan xylazin (1 mg/kg bb), perlakuan II (K2) diinjeksi ketamin (10 mg/kg bb) dengan diazepam (0,2 mg/kg bb), perlakuan III (K3) diinjeksi zoletil (10 mg/kg bb). Pengamatan dilakukan terhadap onset dan sedasi dalam satuan menit. Data onset dianalisis dengan uji ANOVA one way dan dilanjutkan dengan uji LSD, data sedasi dianalisis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata onset pada K1, K2, dan K3 adalah 5,33±1,53; 18,00±5,57; dan 8,67±4,04. Anestasi ketamin-diazepam tidak mempengaruhi kesadaran pada K2. Rata-rata sedasi pada K1 dan K3 adalah 94,67±26,08 dan 96,00±20,66. Kombinasi ketamin-xylazin memiliki waktu onset paling cepat sedangkan waktu sedasi tidak berbeda.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KETAMIN-XYLAZIN TERHADAP ONSET DAN SEDASI KUCING LOKAL (FELIS DOMESTICA) YANG DIOVARIOHISTEREKTOMI (MEUTIA CHAIRUNISA, 2018)

PERBANDINGAN ONSET DAN SEDASI KETAMIN-XYLAZIN DAN PROPOFOL PADA ANJING JANTAN LOKAL (CANIS FAMILIARIS) (Chairul Fadhli, S.KH, 2015)

PENGARUH KETAMIN – XYLAZIN TERHADAP PENINGKATAN FREKUENSI JANTUNG DAN NAFAS PADAKUCING LOKAL (FELIS DOMESTICA) YANG DIOVARIOHISTEREKTOMI (Yunita Arieski, 2018)

EFEK PENGGUNAAN KETAMIN-XILAZIN DAN PROPOFOL TERHADAP DENYUT JANTUNG DAN PERNAFASAN PADA ANJING JANTAN LOKAL (CANIS FAMILIARIS) (RIA MAULIZAR, 2015)

GAMBARAN LEUKOSIT DARAH KUCING KAMPUNG (FELIS DOMESTICA) DAN KUCING PERSIA (FELIS CATUS) YANG MENDERITA DERMATOFITOSIS (Selvy Yunizar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy