//

VALIDASI ANALITIK DAN BIOLOGIS KIT ELISA KOMERSIAL UNTUK PENGUKURAN HORMON KORTISOL PLASMA DARAH SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANGGI ANGGRAINI ULFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

VALIDASI ANALITIK DAN BIOLOGIS KIT ELISA KOMERSIAL UNTUK PENGUKURAN HORMON KORTISOL PLASMA DARAH SAPI ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas dua jenis kit enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA) kortisol komersial (EIA-1887 dan EIA-K003-H5). Validasi analitik yang dilakukan adalah parallelism, akurasi, dan presisi, sedangkan validasi biologis dengan membandingkan sampel sebelum stres dan sesudah stres. Penelitian ini menggunakan sampel darah dari empat ekor sapi aceh betina dewasa dan dipreparasi menjadi plasma. Pengukuran konsentrasi kortisol pada plasma menggunakan metode ELISA. Hasil uji parallelism menunjukkan bahwa kurva sampel paralel dengan kurva standar untuk kedua kit ELISA kortisol komersial. Akurasi kit EIA-1887 sebesar 100,1±0,98% dan kit EIA-K003-H5 sebesar 100,0±3,75%. Hasil uji presisi kit EIA-1887 diperoleh intra assay QC1 (5,9%), QC2 (9,0%) dan inter assay QC1 (5,5%), Q2 (7,9%), sedangkan kit EIA-K003-H5 dengan intra assay QC1 (3,7%), QC2 (4,7%) dan inter assay QC1 (4,5%), Q2 (0,9%). Hasil validasi bilogis kit EIA-1887 menunjukkan bahwa konsentrasi kortisol yang diukur menggunakan kit EIA-1887 dan kit EIA-K003-H5 dari sapi setelah diberi cekaman keduanya menunjukkan peningkatan masing-masing sebesar 18,01% dan 35,81%. Akan tetapi, peningkatan tersebut secara statistik tidak berbeda (P>0,05). Kesimpulan, secara analitik dan biologis, kedua kit ELISA kortisol komersial (EIA-1887 dan EIA-K003-H5) memiliki validitas yang baik sehingga kedua kit tersebut dapat digunakan untuk pengukuran konsentrasi kortisol pada plasma darah sapi aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI VALIDITAS KIT ELISA DAN PENGARUH WAKTU SENTRIFUGASI SAMPEL DARAH TERHADAP STABILITAS HORMON KORTISOL KAMBING KACANG (Rahma Melinda, 2016)

UJI VALIDASI UNTUK PENGUKURAN KADAR HORMON TESTOSTERON PADA KAMBING KACANG (CAPRA AGREGUS HIRCUS) MENGGUNAKAN METODE ENZYME LINKED IMMUNOSORBENT ASSAY (ELISA) (okta hilda kadar, 2015)

VALIDASI KIT ENZYME LINKED IMMUNOSORBENT ASSAY (ELISA) 5β- HYDROXY- ETIOCHOLANOLONE UNTUK MENGUKUR KONSENTRASI METABOLIT KORTISOL PADA FESES KERBAU TORAYA (FATRI HIDAYAT RAHMAN ANDI PAMPANG, 2019)

EFEK PERBEDAAN WAKTU PENGAMBILAN SAMPEL DARAH DAN FESES TERHADAP KOSENTRASI HORMON KORTISOL PADA SAPI ACEH (AHMAD WAHYUDI, 2018)

VALIDASI ANALITIK DAN BIOLOGIS KIT ELISA KOMERSIAL UNTUK PENGUKURAN HORMON KORTISOL PADA FESES SAPI ACEH (KHOIRIYAH SAFITRI SILALAHI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy